x

Sosok Krusial Dibalik Kesuksesan Rahmat Raih Medali Perunggu di Olimpiade Tokyo

Jumat, 30 Juli 2021 15:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah memberikan kejutan setelah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

FOOTBALL265.COM - Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah, memberikan kejutan setelah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020. Di balik kesuksesannya, ada satu sosok yang sangat krusial, yakni pelatih sekaligus ayahnya, Erwin Abdullah. 

Rahmat turun di nomor 73 kg dan membukukan angkatan total 342 kg (snatch 152 kg dan clean&jerk 190 kg). Awalnya, atlet berusia 21 tahun itu berada di Grup B yang notabene non unggulan. 

Namun, berkat kegigihan, Rahmat bisa bersaing dengan lifter China, Shi Zhiyong yang meraih emas dan lifter Venezuela, Mayora Pernia Julio Ruben yang meraih perak.

Pencapaian itu tak sekadar menggenapi ambisi pribadi Rahmat, tapi menggenapi mimpi sang ayah. Erwin Abdullah 'senior' merupakan mantan atlet angkat besi dan pernah memiliki kesempatan tampil di Olimpiade Athena 2004. 

Baca Juga
Baca Juga

Sayangnya, ketika itu mimpi sang ayah harus dikubur karena dokter tim tak mengizinkannya tampil lantaran cedera punggung. Padahal, Erwin telah lolos kualifikasi. 

"Saya masih ingat terus kata-kata bapak. ‘Mat, kamu mau rasain yang pernah bapak rasain di Olimpiade. Soalnya, bapak belum sempat bertanding.’ Itu selalu diulang terus sama bapak akhir-akhir ini," cerita Rahmat dalam rilis NOC Indonesia.

"Saat itu, aku bilang gini. Aku mau rasain yang nggak pernah bapak alami yakni bertanding di Olimpiade. Kini, saya tak cuma melakukannya di Olimpiade 2020 Tokyo, tetapi juga pulang membawa medali," imbuhnya.


1. Inspirasi

Lifter Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah memberikan kejutan setelah meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Rahmat terinspirasi menjadi lifter angkat besi karena termotivasi kedua orang tuanya yang juga lifter nasional. Dia selalu mendengar cerita Erwin Abdullah dan istrinya, Ami AB saat tampil di berbagai kejuaraan internasional. 

"Saya dan istri memang suka bercerita kepada Rahmat tentang perjalanan kami berdua saat menjadi atlet. Tampil di berbagai event internasional di luar negeri," tutur Erwin Abdullah yang turut mendampingi Rahmad di Olimpiade Tokyo.

Baca Juga
Baca Juga

"Ya, itu yang menjadi inspirasi Rahmat untuk menjadi lifter angkat besi," imbuhnya.

Kini, Rahmat berjanji akan terus berusaha untuk meningkatkan prestasinya. Dia mengincar berbagai event internasional, terutama Olimpiade berikutnya di Paris pada 2024 mendatang. 

"Saya akan selalu berusaha untuk tampil lebih baik. Multievent internasional selanjutnya mungkin ada SEA Games Vietnam yang masih menunggu jadwalnya," cetusnya.

"Kemudian, ada Asian Games 2022 Hangzhou dan juga Islamic Solidarity Games 2022. Dan, saya juga ingin tampil lagi di Olimpiade 2024 Paris," tuntas Rahmat Erwin Abdullah.

Eko Yuli IrawanAngkat BesiOlimpiade Tokyo 2020Rahmat Erwin Abdullah

Berita Terkini