x

Profil Altras Baseball and Softball, Klub yang Rutin Gelar Kompetisi Antarkomunitas

Selasa, 13 Desember 2022 17:30 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Altras Baseball Softball Club. (Foto: Altras Baseball Softball Club)

FOOTBALL265.COM – Baseball dan Softball sejatinya merupakan dua jenis olahraga bola kecil beregu yang memiliki perbedaan.

Meski begitu, masih banyak masyarakat yang mengira keduanya adalah jenis olahraga yang serupa lantaran sama-sama menggunakan kata ‘ball’ di belakangnya.

Baca Juga

Oleh karenanya, klub Altras Baseball and Softball hadir guna memperkenalkan perbedaan keduanya ke khalayak luas.

Sesuai dengan namanya, Altras sendiri bermarkas di kawasan Alam Sutera, BSD, Tangerang, dan sudah berdiri sejak 17 Desember 2007.

Baca Juga

Klub yang sudah dihuni oleh sekitar 100 anggota ini memiliki jadwal latihan rutin setiap tiga kali selama satu minggu.

Adapun jadwal latihan tersebut ialah setiap hari Selasa dan Kamis mulai mukul 16:00 WIB, serta setiap hari Minggu pukul 15:00 – 16:00 WIB.

Baca Juga

“Klub ini dibuat dengan harapan bisa lebih fokus dalam latihan dan bisa membuka kesempatan buat orang-orang untuk lebih kenal baseball dan softball,” jelas Achmad Khomainy, ketua Altras Baseball and Softball Club kepada INDOSPORT, Minggu (11/12/22).

“Buat ikut join di Altras mudah banget, boleh langsung datang ke lapangan dan langsung ikut latihan. Syaratnya pakai baju olahraga yang nyaman,” sambung pria yang akrab disapa Coach Khomay itu.

Baca Juga

Lebih lanjut, dikatakan coach Khomay bahwa Altras Baseball and Softball Club juga rutin mengadakan event Anniversary Cup.

Event tersebut merupakan kompetisi olahraga Baseball and Softball Club antar sesama komunitas baseball dan softball dari berbagai wilayah.

Selain itu, klub yang satu ini juga rutin menggelar event bertajuk Altras Slopit Ramadhan yakni kegiatan ngabuburit pada bulan puasa dengan mengundang berbagai klub serupa.


1. Perbedaan Baseball dan Softball

Altras Baseball Softball Club. (Foto: Altras Baseball Softball Club)

Dalam waktu yang bersamaan, kepada INDOSPORT coach Khomay juga menjelaskan perbedaan dasar antara olahraga Baseball dan Softball.

Adapun yang membedakan antara keduanya menurut coach Khomay adalah sebagai berikut:

Baca Juga

1. Ukuran bola baseball lebih kecil dari bola softball

2. Lapangan dan jarak base to base dari olahraga baseball lebih besar dibanding lapangan softball

3. Cara pitcher baseball melempar ialah dari atas ke bawah, sedangkan pitcher Softbal melempar bola dari arah bawah

4. Permainan dan aturan hampir sama, tetapi khusus olahraga baseball ada peraturan lead

Baca Juga

Selain itu, coach Khomay juga membocorkan soal risiko cedera yang rentan terjadi oleh pegiat olahraga baseball dan softball.

Dirinya menjelaskan bahwa biasanya atlet softball dan baseball cenderung mengalami cedera tangan dan kaki.

Baca Juga

Hal tersebut lantaran banyaknya gerakan tangan yang digunakan untuk melakukan teknik melempar serta gerakan sliding dengan menggunakan kaki.

Sebagai sosok yang sudah menggeluti bidang baseball dan softball sejak tahun 2000 silam, Achmad Khomay tentunya menaruh harapan terhadap olahraga kesukaannya ini pada masa yang akan datang.

Baca Juga

“Harapan saya untuk kedepannya semoga olahraga baseball dan softball bisa lebih memasyarakat dan bisa lebih dikenal luas,” tutup coach Khomay.

Bagi sobat INDOSPORT yang tertarik bergabung ke komunitas ini, bisa segera mengunjungi laman Instagram resmi mereka di @altras17.

Komunitas Sehat

Berita Terkini