Profil Tim IBL 2018/19: Hangtuah

Sabtu, 24 November 2018 08:35 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Profil Hangtuah Sumsel Copyright: © INDOSPORT
Profil Hangtuah Sumsel

FOOTBALL265.COM - Tim basket asal Sumatera Selatan, Hangtuah SumSel, baru saja melewati satu musim terbaik sepanjang sejarah tim di Indonesia Basket League (IBL) 2017/18. Untuk pertama kalinya Hangtuah berhasil melaju sampai babak semifinal pada musim lalu.

Dibawah kepala pelatih Andika Supardi Saputra, Hangtuah dihadapkan oleh tim asal Jakarta yaitu Satria Muda Pertamina di babak semifinal. Hangtuah sempat membuat Satria Muda kewalahan tetapi akhirnya Hangtuah harus mengakui keperkasaan Satria Muda dan gagal melaju ke babak final IBL 2017/18.

Menjelang IBL musim 2018/19 yang akan di mulai pada 30 November mendatang, Hangtuah kembali hadir di kompetisi basket nasional dengan semangat yang sama seperti musim lalu.

Bersama pelatih yang sukses membawa Hangtuah menuju babak semifinal musim lalu, Andika Saputra, Hangtuah ingin kembali berjaya di kompetisi IBL 2018/19 dengan komposisi pemain yang relatif sama. Selain itu Hangtuah juga diprediksi akan menggunakan strategi yang sama dengan musim lalu.   

Meski menerapkan strategi dan komposisi pemain yang relatif sama, pemain-pemain senior seperti Ary Sapto dan Max Yanto sepertinya sudah tidak akan mengisi daftar skuat Hangtuah di musim kompetisi 2018/19.

Walaupun nama-nama pemain senior tidak disertakan kembali dalam tim, Hangtuah tidak lantas kehabisan stok pemain baru. Di kompetisi IBL 2018/19, Hangtuah akan diperkuat oleh nama-nama pemain baru seperti Syechfi Nuzula Ramadhani, Yogie Permana dan lain-lain.

Hangtuah sendiri adalah tim asal Sumatera Selatan yang berdiri dari hasil kerja sama antara Pengurus Provinsi Sumsel, Yayasan Hangtuah Indonesia dan Pemkab Muba. Kerap membawa nama Muba dan Sumsel di semua kompetisi, Hantuah lalu berganti nama di tahun 2016 menjadi Hangtuah Sumsel.