x

SEABA Pra-Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021: Indonesia Sapu Bersih 5 Kemenangan

Sabtu, 30 Juni 2018 14:58 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala

Timnas Basket Indonesia berhasil meraih hasil maksimal di ajang SEABA Pra-Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Timnas Indonesia berhasil memenangkan 5 pertandingan yang mereka jalani. 

Di pertandingan terakhir, Indonesia melibas Singapura dengan skor 85-70. Hasil itu membuat Indonesia menjadi juara di sub-zona Asia Tenggara (SEABA) dan berhak melaju ke Pra-Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 antar zona. 

Baca Juga

1. Kuarter 1 dan 2

Xaverius Prawiro menerima operan bola dari rekannya.

Setelah tertinggal 2-4, tembakan tiga poin Jamarr Johnson membawa Indonesia berbalik unggul 5-4. Sandy Febiansyakh juga mencetak tiga poin dan Indonesia unggul 8-4. 

Masuknya Andakara Prastawa, membuat Timnas Indonesia mulai menusuk dengan drive, skor berubah menjadi 13-8. Coach Ito pun mengambil time out setelah foul yang dilakukan pemain Singapura. 

Valentino Wuwungan langsung mencetak three point usai masuk ke lapangan dan Indonesia unggul 16-8. Namun Singapura mampu mengejar menjadi 16-13. Dua poin dari Singapura menutup kuarter pertama di angka 18-15. 

Valentino Wuwungan kembali mencetak three point, Indonesia unggul 25-16, tiga menit kuarter kedua berjalan. Memasuki pertengahan kuarter kedua, Indonesia masih unggul 30-18 berkat dua poin dari Kevin Yonas Sitorus. 

Dua kali tembakan tiga poin dijaringkan oleh Andakara Prastawa dan Indonesia unggul 36-27. Singapura mencoba mengejar namun dari tembakan dua angka. 

Beberapa pemain Indonesia melakukan foul di akhir-akhir kuarter kedua. Meski begitu, kuarter kedua ditutup dengan keunggulan Indonesia 41-31 berkat tiga poin dari Xaverius Prawiro. 


2. Kuarter 3 dan 4

Timnas Basket Indonesia melakukan toss sebelum laga.

Singapura mengawali kuarter ketiga dengan tembakan tiga angka. Indonesia membalas melalui Xaverius Prawiro dan skor menjadi 46-34. 

Di pertengahan kuarter ketiga, Singapura mulai mengejar ke skor 50-48. Hal itu membuat Fictor Gideon Roring mengambil time out. 

Usai time out, Jamarr Johnson langsung mencetak enam poin dan Indonesia unggul 56-48. Jamarr Johnson belum berhenti dan membawa Indonesia unggul 60-51. Kuarter ketiga diakhiri dengan skor 64-52 untuk keunggulan Indonesia. 

Kuarter keempat ditandai dengan dua poin dari Arki Dikania Wisnu. Arki kembali mencetak angka dari free throw dan membuat skor menjadi 68-53. 

Tembakan tiga angka Andakara Prastawa membuat Indonesia unggul 20 poin, 76-56. Saat kuarter keempat menyisakan dua menit, Indonesia masih unggul 80-63 meski Singapura terus berusaha mengejar. 

Free throw dari Abraham Damar menjadi poin terakhir di pertandingan ini. Timnas Indonesia menang dengan skor akhir 85-70 atas Singapura.

Baca Juga

3. Sapu Bersih Kemenangan

Timnas Basket Indonesia saat sesi pemotretan.

Kemenangan atas Singapura, membuat Indonesia menyapu bersih 5 pertandingan dengan kemenangan di SEABA Pra-Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Indonesia berhak menjadi pemuncak klasemen dan lolos ke babak berikutnya dengan status Juara Pra-Kualalifikasi FIBA Asia Cup 2021 zona Asia Tenggara (SEABA). 

Indonesia selanjutnya akan menghadapi Pra-Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 pada bulan September 2018 mendatang. Di babak Pra-Kualifikasi tersebut, Indonesia akan berebut 4 tempat ke Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. 

Selain 3 negara Asia Tenggara (SEABA) lainnya, Indonesia juga akan bersaing dengan wakil Pasifik, Asia Barat, Asia Timur, Asia Selatan, dan juga regional Teluk. 

Berikut jadwal babak 16 besar Piala Dunia 2018 hari ini, Sabtu (30/06/18):

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

FIBAXaverius PrawiroTimnas Basket IndonesiaFictor Gideon RoringJamarr Andre JohnsonAndakara PrastawaArki Dikania WisnuFIBA Asia Cup 2021

Berita Terkini