x

Sepak Terjang Karier Bill Russell yang Gemilang, Legenda NBA dan Aktivis HAM Peraih Hall of Fame

Senin, 1 Agustus 2022 15:23 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
Bill Russell memenangkan NBA Lifetime Achievment Award.

FOOTBALL265.COMBill Russell telah mengukuhkan dirinya sebagai legenda baik di dalam maupun di luar lapangan. Ia menyelesaikan kariernya dengan rata-rata 15,1 poin, 22,5 rebound dan 4,3 assist per game, dengan total 14.522 poin, 21.620 rebound dan 4.100 assist.

Angka-angka mentah itu masih kurang adil dalam melukiskan gambaran lengkap tentang seberapa besar dampak Russell. Jadi, inilah beberapa statistik paling mengesankan dari hari-harinya bersama Boston Celtics.

Baca Juga

Sebelas kejuaraan NBA: Russell memenangkan 11 kejuaraan NBA selama karirnya, termasuk 8 gelar berturut-turut dari tahun 1959-1966. Ia juga menjabat sebagai pelatih kepala Celtics untuk dua gelar terakhirnya pada tahun 1968 dan 1969.

Seorang pemain yang sekaligus melatih tim untuk meraih dua gelar juara belum pernah terdengar di NBA sebelumnya, tetapi Russell melakukannya.

Baca Juga

Lima penghargaan MVP: Selama 13 musim bersama Celtics, Russell dinobatkan sebagai NBA Most Valuable Player pada 5 kesempatan terpisah (1958, 1961-1963, 1965).

Ini adalah penghargaan terbanyak kedua, persis di belakang Kareem Abdul-Jabbar yang memenangkan penghargaan 6 kali.

Dengan 5 penghargaan MVP, Russell juga terikat dengan Michael Jordan - satu-satunya pemain lain yang memenangkan penghargaan lima kali.

Baca Juga

Duabelas kali terpilih sebagai All-Star: Russell dinobatkan sebagai All-Star dalam 12 dari 13 musimnya bersama Celtics. Satu-satunya musim di mana ia tidak terpilih adalah pada tahun rookie-nya.

Setelah itu, ia terpilih untuk bermain dalam pameran tengah musim tahunan liga setiap tahun. Ia menjadi starter dalam 7 dari 12 pertandingan dan telah mengumpulkan total 120 poin serta 139 rebound dan 39 assist selama penampilannya.

Russell dinobatkan sebagai MVP All-Star Game pada tahun 1963 setelah membukukan 19 poin, 24 rebound dan lima assist.


1. Pencapaian Russell Seumur Hidup

Bill Russell (kanan), legenda NBA milik Boston Celtics saat masih aktif bermain mahir dalam duel udara saat ingin memasukkan bola.

21.620 rebound: Russell adalah seorang rebounder yang dominan, dan itu dibuktikan dengan 21.620 board yang mampu ia raih selama kariernya. Jumlah tersebut adalah rebound terbanyak kedua yang pernah dikumpulkan oleh seorang pemain dalam sejarah NBA.

Hanya Wilt Chamberlain (23.924) yang meraih lebih banyak selama masa bermainnya. Selain total rebound, Russell (22,5 rebound per game) juga berada di urutan kedua di belakang Chamberlain (22,9) untuk rata-rata rebound per game tertinggi dalam kariernya.

Baca Juga

Empat gelar rebound: Mengingat betapa mahirnya Russell dalam rebounding, tidak mengherankan jika ia memimpin liga dalam kategori tersebut sebanyak empat kali (1958, 1959, 1964, 1965).

Satu-satunya pemain yang memimpin liga dalam rebounding pada lebih banyak kesempatan adalah Chamberlain (11), Dennis Rodman (7), Moses Malone (6) dan Dwight Howard (5).

Satu NBA Lifetime Achievement Award: Pada tahun 2019, Russell menerima NBA Lifetime Achievement Award perdananya, penghargaan yang diberikan oleh liga kepada pemain yang mencontohkan kesuksesan luar biasa baik di dalam maupun di luar lapangan di NBA.

Satu trofi dinamai menurut namanya: Setiap tahun, MVP Final NBA mengangkat trofi yang dinamai Russell - The Bill Russell NBA Finals Most Valuable Player Award.

Memiliki trofi yang dinamai menurut nama atlet adalah suatu kehormatan, terutama trofi yang penting dan berdampak seperti penghargaan MVP Final. Hal ini menunjukkan betapa tinggi pandangan liga terhadap Russell.

Sayangnya, Russell sendiri tidak pernah memenangkan penghargaan itu karena pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969, tahun terakhirnya di liga.

Baca Juga

Dinamakan untuk keempat tim ulang tahun NBA: NBA telah memberikan penghargaan kepada para pemain hebat dalam permainan dengan tim ulang tahun pada empat kesempatan terpisah.

Tim peringatan 25 tahun dipilih pada tahun 1971 dan tim peringatan 35 tahun pada tahun 1980. Liga ini merayakan hari jadinya yang ke-50 pada tahun 1996 dan yang ke-75 pada tahun 2021.

Russell adalah salah satu dari hanya empat pemain yang masuk dalam keempat tim ulang tahun tersebut. Tiga pemain lainnya adalah Bob Cousy, George Mikan, dan Bob Pettit.

Baca Juga

Selain semua prestasi yang tercantum di atas, Russell juga merupakan pebasket pertama yang memenangkan Medali Emas Olimpiade, Kejuaraan NBA dan gelar perguruan tinggi, Hall of Fame, serta orang Afrika-Amerika pertama yang melatih tim olahraga profesional utama.

Nomor 6-nya pun telah dipensiunkan oleh Celtics dan oleh Universitas San Francisco, tempat ia bermain basket saat di perguruan tinggi.


2. Bill Russell Tutup Usia

Bill Russell, legenda Boston Celtics.

Kabar mengejutkan datang dari dunia basket setelah legenda NBA, Bill Russell dikabarkan meninggal dunia, Minggu (31/07/22) waktu setempat.

Kabar ini diketahui dari pernyataan yang dirilis oleh pihak keluarga melalui media sosial, di mana Bill Russell meninggal dunia belum lama ini.

Dalam pernyataan yang diunggah di media sosial Twitter, peraih 11 gelar juara NBA ini tutup usia di umurnya yang ke-88 tahun. Dilansir dari ESPN, Bill Russell meninggal dengan tenang di sisi sang istri, Jeannine, pada Minggu (31/07/22) waktu setempat.

Legenda Boston Celtics itu dikenal sebagai pebasket terbaik sepanjang masa, sebelum hadirnya era Michael Jordan di tahun 90-an.

Nama Bill Russell sendiri abadi sebagai salah satu Hall of Fame di NBA. Bahkan, namanya diabadikan sebagai penghargaan MVP Final di ajang basket terpopuler itu.

Baca selengkapnya: Breaking News! Legenda Basket NBA Bill Russell Meninggal Dunia

NBABoston CelticsBasketBill Russell

Berita Terkini