x

Seru! Ini Deretan Sejarah yang Bisa Tercipta di Playoff IBL 2022

Senin, 8 Agustus 2022 21:01 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Selain bakal menyuguhkan pertandingan seru, babak playoffs IBL 2022 juga bisa menciptakan deretan sejarah dari delapan tim yang akan unjuk gigi.

FOOTBALL265.COM – Selain bakal menyuguhkan pertandingan seru, babak playoffs IBL 2022 juga bisa menciptakan deretan sejarah dari delapan tim yang akan unjuk gigi.

Sebagaimana diketahui ajang IBL 2022 akan kembali bergulir, di mana babak playoffs bakal berlangsung pada 13 Agustus 2022 mendatang di Bandung, Jawa Barat.

Baca Juga

Sebanyak delapan tim bakal bersaing demi meraih gelar juara liga kompetisi bola basket paling bergengsi di Indonesia tersebut.

Selain menyuguhkan persaingan sengit, babak playoffs kali ini juga terasa berbeda dan istimewa. Pasalnya, delapan tim yang akan bertanding berpeluang mencetak sejarah baru.

Pertama ada Pelita Jaya Bakrie Jakarta selaku tim yang yang menguasai puncak klasemen akhir reguler season yang telah berlangsung.

Baca Juga

Pelita Jaya diketahui telah meraih 20 kemenangan dari 22 pertandingan yang digelar. Jika Andakara Prastawa cs mampu meriah gelar juara musim ini, maka Pelita Jaya bakal mengakhiri rekor buruk.

Berdasarkan laman resmi IBL 2022, selama perjalanan IBL sejak 2016, Pelita Jaya tidak pernah juara jika mereka jadi tim nomor satu di reguler season. 

Jika tim besutan Fictor G. Roring menjadi juara IBL musim 2022, maka mereka akan membuat sejarah. Pasalnya, ini menjadi pertama kalinya mereka dominan di musim reguler dan menutupnya dengan gelar juara.

Baca Juga

Pelita Jaya sendiri punya modal yang bagus untuk bisa mewujudkan target tersebut, lantaran persiapan menuju babak Playoffs terbilang cukup lama.

Lalu ada Satria Muda Pertamina Jakarta juga bisa mencetak sejarah baru di IBL 2022. Tim papan atas ini telah menggondol 11 gelar juara nasional, dan 2 gelar juara internasional.


1. Deretan Sejarah yang Bisa Tercipta di IBL 2022

Selain bakal menyuguhkan pertandingan seru, babak playoffs IBL 2022 juga bisa menciptakan deretan sejarah dari delapan tim yang akan unjuk gigi.

Seandainya Satria Muda keluar sebagai juara IBL 2022, maka tim asuhan Youbel Sondakh bakal menjadi satu-satunya tim aktif di liga profesional Indonesia yang berhasil mengumpulkan 14 gelar juara baik di ajang nasional maupun internasional.

Kemudian Prawira Bandung pun memiliki peluang yang sama. Menilik dari sejarah tim, Prawira yang dulunya bernama Garuda Bandung itu pernah meraih tiga gelar di era Kobatama tahun 90-an. Maka, jika Prawira juara musim ini, mereka bakal mengakhiri paceklik gelarnya. 

Baca Juga

Sementara itu, lima tim lainnya yakni NSH Mountain Gold Timika, West Bandits Combiphar Solo, Dewa United Surabaya, Amartha Hangtuah Jakarta, dan RANS PIK Basketball juga bisa mencetak sejarah baru.

Sebab, kelima tim tersebut belum pernah mencicipi babak final dan belum pernah menjadi juara. Maka jika berhasil, mereka akan menjadi juara baru. Selain itu, terdapat catatan menarik yang mungkin bisa terjadi di Playoffs musim ini.

Misalnya tiga tim yakni Dewa United, Hangtuah, dan West Bandits yang menjadi juara. Mereka bisa mencetak sejarah, karena berhasil mendapatkan trofi juara IBL untuk pertama kalinya sepanjang menjadi peserta di ajang ini.

Lalu West Bandits juga bakal menjadi tim asal Solo pertama sejak hilangnya Bhineka Solo, yang bisa menjuarai liga. 

Sementara jika NSH yang jadi juara, makan momen ini bakal sangat mengesankan. Sebab, mereka kini adalah representasi atau mewakili Timika. Jika juara juara, maka NSH mencetak sejarah sebagai tim Papua pertama yang juara liga profesional.

Baca Juga

Kemudian RANS PIK juga tak kalah menarik. Seandainya tim milik Raffi Ahmad menjadi juara, maka mereka adalah tim pertama yang berhasil mendapatkan gelar di musim debutnya. 

Maka pertandingan playoffs hingga babak final IBL 2022 yang bergulir pada 13 Agustus yang berlangsung di GOR C-Tra Arena Bandung diprediksi akan berjalan menarik dan seru.


2. 8 Tim Lakukan Persiapan Matang Jelang IBL 2022

Logo IBL

Sebanyak 8 tim basket Indonesia kembali melakukan persiapan matang jelang tampil di playoff IBL 2022 nanti.

Sebagaimana diketahui sebelumnya para penggemar bola basket telah menyaksikan keseruan ajang internasional FIBA Asia Cup 2022.

Timnas Indonesia sendiri gugur dengan skor jauh yakni 58-108 atas China di babak play off FIBA Asia Cup 2022, dan gagal meraih tiket menuju FIBA World Cup 2023.

Baca selengkapnya: Usai FIBA Asia Cup 2022, 8 Tim Lakukan Persiapan Matang Jelang Playoffs IBL 2022

Indonesian Basketball League (IBL)Pelita JayaIBLSatria Muda Pertamina JakartaBerita Basket

Berita Terkini