x

4 Fakta Menarik LeBron James, Manusia Rekor dengan Poin Terbanyak di NBA

Kamis, 9 Februari 2023 21:52 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi LeBron James yang coba dihadang oleh Moritz Wagner di laga Orlando Magic vs Los Angeles Lakers.

FOOTBALL265.COM - Sejumlah fakta menarik tentang LeBron James yang jarang diketahui publik usai namanya melejit akhir-akhir berkat rekor yang ditorehkannya.

Laga antara Oklahoma City Thunder melawan Los Angeles Lakers pada, Rabu (08/02/23) menjadi sejarah besar bagi dunia basket, terutama NBA.

LeBron James yang memulai laga dengan selisih 36 poin saja dari rekor Kareem Abdul-Jabbar, berhasil melampaui rekor poin pendahulunya itu..

Pemain yang dijuluki The King tersebut berhasil melampauinya pada kuarter ke tiga dalam laga kali ini yang membuat Crypto.com Arena langsung bersorak.

Dengan usianya yang kini sudah menginjak 38 tahun, LeBron benar-benar telah menjadi pemain terbaik sepanjangan masa.

Baca Juga

LeBron James kini telah menjadi pemain luar biasa yang melengkapi karier gemilangnya dengan segala prestasi, trofi, dan rekor.

The King benar-benar menjadi raja dalam perolehan poin terbanyak dalam sejarah NBA dengan begitu, perayanaan yang dijanjikan Adam Silver pun akan diadakan.

Baca Juga

Masih belum diketahui, perayaan apa yang akan mereka lakukan, namun sesuai janji dari sang komisioner bahwasannya ini akan menjadi sangat meriah.

Dengan fakta tersebut, maka rekor kali ini memang bukan main-main dan merupakan salah satu yang terbesar di NBA.

Lantas seperti apa sosok LeBron James dan sejumlah fakta menarik yang menyelimuti dirinya sebagai pemain basket ternama di NBA? berikut ulasannya:

Baca Juga

1. Tak Kuliah

LeBron James (tengah) bersama Adam Silver (kiri) dan Kareem Abdul-Jabbar (kanan) usai memecahkan rekor poin terbanyak sepanjang masa NBA (08/02/23). (Foto: Reuters/Gary A. Vasquez-USA TODAY Sports)

Tidak ada yang menyangka kalau LeBron James ternyata tidak mempunyai ijazah tinggi untuk bisa menjadi atlet terkenal.

Pasalnya setelah lulus dari St. Vicent-St. Mary High School, LeBron James tidak melanjutkan ke jenjang bangku kuliah.

Ia malah langsung mengikuti seleksi NBA Draft 2023. Keputusan itu cukup tepat karena King James banyak menuai prestasi.

Sebagai catatan, cukup banyak pemain NBA yang tak merasakan bangku kuliah dan bermain di Liga Basket Mahasiswa Amerika Serikat (AS), NCAA.

Dan beberapa di antara mereka menjadi bintang besar. Selain LeBron James, ada mendiang Kobe Bryant, Kevin Garnett, dan Dwight Howard.

Puasa Gelar NBA Cukup Lama

LeBron James memulai karier basket profesionalnya di NBA pada tahun 2003. Sejak musim pertama ia bermain, publik sudah banyak dibuat kagum dengan penampilannya.

Saat itu ia masih memperkuat Cleveland Cavaliers. Dan beberapa di antara mereka menjadi bintang besar. 

Selain LeBron James, ada mendiang Kobe Bryant, Kevin Garnett, dan Dwight Howard.

Sayang, ia tak kunjung membawa Cavs juara. Bosan dengan keadaan seperti ini, LeBron James pun menyeberang ke Miami Heat pada 2010.


2. Lebih Sering Kalah di Final

Pebasket NBA Los Angeles Lakers LeBron James mengontrol bola saat melawan Oklahoma City Thunder. (Foto: REUTERS/Gary A. Vasquez)

Bersama Kareem Abdul-Jabbar, LeBron James merupakan pemain NBA dengan total penampilan terbanyak ketiga di final sepanjang sejarah NBA.

Ia dan Kareem sudah 10 kali bermain di seri puncak. Sayangnya, nasib LeBron James agak berbeda dengan Kareem.

Jika Kareem Abdul-Jabbar lebih sering menang di final dengan total enam kemenangan dan empat kekalahan, LeBron James lebih sering kalah.

Ia empat kali menang namun mengalami kekalahan lebih banyak, enam. 

Bila dilihat dari hasil per game-nya lebih miris lagi, LeBron James hanya menang di 22 game final dan kalah di 33 game.

Dikontrak Seumur Hidup Oleh Nike

Tidak banyak atlet yang mendapatkan kontrak seumur hidup dari perusahaan aparel. LeBron James adalah salah satu dari sedikit atlet yang mendapatkannya.

Kontrak seumur hidup ini diberkan Nike pada 2015 lalu. Selain LeBron James, hanya Cristiano Ronaldo dan Michael Jordan yang punya kontrak perusahaan aparel sampai akhir hayat.

NBALeBron JamesBasket

Berita Terkini