x

Indonesia Patriots Petik Pelajaran Berharga dari Kekalahan Melawan Suriah

Sabtu, 5 Agustus 2023 12:27 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Basket Indonesia (putih) berhasil mengalahkan Indonesia Patriots dengan skor 82-56 pada test even IIBI 2023 di Indonesia Arena, Rabu (02/08/23). Event ini digelar untuk menyambut FIBA World Cup 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Klub basket Indonesia Patriots memetik pelajaran berharga dari Suriah usai bertanding di hari kedua ajang test event bertajuk International Basketball Invitational 2023.

Bertanding di Indoor Multifunction Stadium (IMS), Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/23), timnas Suriah sukses menaklukkan Indonesia Patriots dengan skor akhir 84-43.

Baca Juga

Patriots praktis hanya bisa mengimbangi pada empat menit awal. Pertama saat tembakan tiga angka Antoni Erga menyamakan skor 3-3. Disusul tiga angka dari Hendrick Xavi Yonga yang membuat skor menjadi 8-6 untuk keunggulan Suriah. 

Selepas itu, Suriah tak terbendung. Unggul pengalaman, skill, kerja sama, dan postur membuat Suriah tak memberikan banyak kesempatan bagi para pemain Patriots berkembang.

Suriah memimpin 25-11 pada akhir kuarter pertama dan makin jauh 44-25 saat halftime. Pasukan Javier Juarez Crespo itu kemudian melanjutkan dominasinya dengan keunggulan 63-31 pada akhir kuarter ketiga, dan menutupnya dengan kemenangan 84-43.

Erga dan Dame Diagne yang tampil menonjol pada gim pertama kembali mendominasi pada game ini. Erga mencetak 13 poin dan Dame 15 poin. 

Baca Juga

Dari Suriah, poin terbanyak dicetak oleh Brandone Jerome 20 poin, disusul Omar Idelbi 18 angka, dan Hani Adribe 15 poin. Hingga akhirnya, timnas basket Suriah merengkuh kemenangan atas Indonesia Patriots dengan skor 84-43.

Pelatih Indonesia Patriots, Youbel Sondakh, mengaku banyak yang bisa dipetik oleh para anak didiknya dari kekalahan atas timnas basket Suriah di ajang test event bertajuk International Basketball Invitational 2023 ini.

Menurutnya lewat kesempatan laga International perdana yang dijalani pemain muda Indonesia Patriots,  diharapkan bisa membuat mereka menjadi lebih baik lagi dan berada dalam level yang sama untuk menghadapi lawan yang lebih apik. 

"Sekarang sudah sama-sama sadar diri apa yang harus dilakukan ke depannya agar bisa satu level dengan tim di Asia Timur, Barat, dan mungkin Eropa. Pengalaman yang baik buat kami semua,” kata Youbel Sondakh.

Di sisi lain, Center Indonesia Patriots, Pandu Wiguna, juga mengaku banyak mendapatkan pelajaran penting dari laga ini. 

"Pembelajaran banyak buat kami. Jadi tolok ukur tim Indonesia muda-mudanya sekarang berada di mana," kata pebasket yang baru saja menjuarai kompetisi IBL bersama Prawira Harum Bandung itu.

Baca Juga

1. Jadwal Berubah Dadakan

Timnas Basket Indonesia (putih) berhasil mengalahkan Indonesia Patriots dengan skor 82-56 pada test even IIBI 2023 di Indonesia Arena, Rabu (02/08/23). Event ini digelar untuk menyambut FIBA World Cup 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Pada gelaran test event bertajuk International Basketball Invitational hari pertam, sejatinya timnas Indonesia tidak langsung berhadapan dengan Indonesia Patriots. 

Awalnya, timnas basket Indonesia akan berhadapan dengan tim suriah di match ke-1 hari pertama ajang International Basketball Invitational pada Rabu (2/8/23).

Hal tersebut dikarenakan tim Suriah baru mendarat di Indonesia Rabu (2/8/23) pagi WIB. Alhasil, manajemen dari Suriah meminta perpanjang waktu untuk para pemainnya rehat. 

Baca Juga

Dengan begitu, Panitia Pelaksana (Panpel) Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) langsung bergegas melakukan penyesuaian jadwal pertandingan untuk dua hari pertama event.

"Perbasi meminta pertandingan digeser dengan mempertimbangkan kondisi tim Suriah. Sebab, mayoritas pemain mereka baru tiba di Jakarta pada Selasa (2/8/23) pagi ini karena force majeur keterlambatan jadwal pesawat," jelas Sekjen PP Perbasi, Nirmala Dewi.

Baca Juga

Dikatakan Nirmala, bahwa perubahan jadwal ini diambil setelah berkomunikasi dengan tim Suriah. Pihak Suriah dinilai tidak akan bisa memberikan perlawanan maksimal jika langsung bermain melawan timnas senior.

Pertimbangan-pertimbangan ini yang membuat kami memutuskan menyesuaikan jadwal pertandingan," tambah Nirmala.

SuriahBasketBerita BasketIndonesia Patriots

Berita Terkini