x

Membuka Peta Kekuatan 8 Tim Terbaik Piala AFC Futsal U-20, Timnas Indonesia Ada Peluang?

Senin, 17 Juni 2019 17:17 WIB
Editor: Coro Mountana
Para pemain Timnas Futsal Indonesia U-20 saat merayakan gol kedua di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19).

FOOTBALL265.COM – Perjalanan Timnas Futsal Indonesia U-20 masih terus berlanjut di Piala AFC Futsal U-20 2019 dengan saat ini telah berada di babak perempatfinal, bagaimana peluangnya?

Menjadi suatu prestasi yang cukup membanggakan bahwa Timnas Futsal Indonesia U-20 berhasil mencapai babak perempatfinal. Pencapaian itu seolah mengulang hasil yang didapat pada 2017 lalu di mana Timnas Indonesia tersingkir di 8 besar.

Baca Juga

Kepastian Timnas Futsal Indonesia U-20 sendiri didapatkan usai mengalahkan Irak dengan skor 2-1 di Shahid Poursharifi Arena, Tabriz, Iran. Kemenangan itu membuat Timnas Futsal Indonesia U-20 akan menghadapi Vietnam di fase perempatfinal.

Tentu menjadi harapan dari seluruh rakyat Indonesia untuk melihat Timnas melangkah lebih jauh lagi dalam ajang futsal paling bergengsi di tingkat Asia untuk usia di bawah 20 tahun.

Baca Juga

Masalahnya, adakah peluang bagi Timnas FutsaL Indonesia untuk berprestasi lebih jauh? Berikut INDOSPORT mencoba untuk membuka peta kekuatan 8 tim terbaik Piala AFC Futsal U-20 guna melihat peluang Timnas Indonesia.


1. Vietnam

Tim futsal Vietnam saat berduel dengan Indonesia.

Vietnam di edisi yang lalu gagal lolos ke babak 8 besar usai kalah saing dari Timnas Futsal Indonesia U-20 dan Jepang. Oleh karena itu, keberhasilan mencapai perempatfinal pada edisi 2019 sudah menjadi kemajuan bagi Vietnam.

Tapi tentu mereka akan mengupayakan agar bisa melangkah sejauh mungkin setidaknya hingga semifinal. Untuk itu, mereka wajib mengalahkan Timnas Indonesia yang ternyata tidak bisa mereka kalahkan dalam 2 pertemuan terakhir.

Iran

Timnas Futsal Iran U-20 juarai Piala AFC Futsal U-20 tahun 2017.

Juara bertahan Piala AFC Futsal U-20, Iran, merupakan Negara yang sangat diunggulkan untuk menjadi juara lagi. Terlebih, Piala AFC Futsal U-20 2019 merupakan turnamen yang diselenggarakan di rumahnya sendiri.

Iran sendiri dimotori oleh Masoud Yousef yang telah mencetak tiga gol di Piala AFC tahun ini. Melihat lawan yang akan dihadapi adalah Lebanon, rasanya Iran akan dengan mudah untuk setidaknya mencapai babak semifinal tahun ini.

Lebanon

Tanpa mengurangi rasa hormat, sepak terjang Lebanon di Piala AFC Futsal U-20 tampaknya hanya akan sampai di 8 besar saja. Bagaimana tidak, misi mengalahkan Iran tentu merupakan hal yang sangat sulit bagi mereka yang di babak grup sempat kalah dari Thailand.

Jepang

Timnas Futsal U-20 saat menghadapi Jepang di Piala AFC Futsal U-20.

Salah satu favorit juara di turnamen tahun ini, Jepang, datang dengan target harus menjadi juara sekaligus memperbaiki capaian di edisi lalu. Sekadar informasi, Jepang di tahun 2017 hanya bertahan hingga babak 8 besar saja usai kalah dari Irak.

Tapi di tahun ini, Jepang datang dengan kekuatan yang berbeda di mana mereka terlihat begitu percaya diri kali ini. Hal itu sudah terlihat saat Jepang mampu mengalahkn Vietnam dan Tajikistan di babak grup untuk bertemu Irak (lagi) di 8 besar.

Irak

Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Irak di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19).

Seperti déjà vu, Irak harus berjumpa dengan Jepang lagi dalam gelaran perempatfinal Piala AFC Futsal U-20. Usai mampu menjadi finalis musim lalu setelah mengalahkan Jepang di 8 besar, tentu prestasi serupa akan coba diulangi lagi.

Namun kekalahan 1-2 dari Timnas Futsal Indonesia sedikitnya telah memberikan sinyalemen bahwa Irak tidak sekuat dua tahun lalu. Melihat ada penurunan dalam peforma Irak, boleh jadi Jepang memiliki kesempatan untuk melakukan revans.


2. Thailand

Timnas futsal Thailand merayakan keberhasilan mengalahkan Indonesia dengan skor 4-2.

Kekuatan terbaik di Asia Tenggara jika bicara soal futsal yaitu, Thailand akan mencoba peruntungannya lagi di tahun ini. Usai hanya menjadi juara ketiga dua tahun lalu, Thailand akan mencoba musim ini untuk melangkah lebih jauh lagi.

Dengan mengandalkan ketajaman Siksaka Pramanong yang sudah mencetak tiga gol, Thailand siap untuk melibas siapapun lawan yang akan menghadangnya. Tak terkecuali Afghanistan yang akan coba menghadangnya di 8 besar.

Afghanistan

Menjadi runner up grup A di bawah Iran, membuat Afghanistan berhak memesan satu tiket ke 8 besar. Menghadapi Thailand di babak 8 besar diyakini akan menjadi ajang pembuktian bagi Afghanistan yang selama ini kurang begitu dikenal dalam dunia futsal.

Timnas Indonesia

Timnas Futsal Indonesia U-20 saat berhadapan dengan Irak di Piala AFC Futsal U-20 2019, Minggu (16/06/19).

Last but not least, Timnas Futsal Indonesia sejatinya telah berhasil membuat kejutan dengan mengalahkan tim kuat Irak dengan skor 2-1. Pasalnya, Irak sejatinya merupakan finalis Piala Asia U-20 pada edisi 2017 lalu di Thailand.

Dimotori oleh Muhammad Sanjaya yang untuk sementara menjadi top skor turnamen dengan torehan 3 gol, Timnas Futsal Indonesia menjelma menjadi salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan.

Akan tetapi meski sudah begitu gemilang, masih ada banyak evaluasi yang perlu diperhatikan. Seperti halnya konsistensi dalam transisi dari bertahan ke menyerang ataupun sebaliknya yang perlu dilakukan lebih kompak lagi.

Pada akhirnya Timnas Futsal Indonesia U-20 memiliki peluang yang sangat besar untuk meneruskan kejutan seperti halnya menumbangkan finalis edisi lalu, Irak. Tapi diperlukan fokus dan konsistensi yang dimulai dari duel melawan Vietnam di 8 besar.

JepangIranFutsalVietnamThailandIrakTimnas Futsal U-20Piala AFC Futsal U-20 2019

Berita Terkini