Punya Aksi Takedown Sempurna, Ini Bela Diri Rahasia yang Buat Khabib Nurmagomedov Tak Terkalahkan

Kamis, 11 Agustus 2022 23:38 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Subhan Wirawan
© UFC
Khabib Nurmagomedov menekuni bela diri asli dari Rusia, Sambo. Copyright: © UFC
Khabib Nurmagomedov menekuni bela diri asli dari Rusia, Sambo.

FOOTBALL265.COM – Mantan petarung kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov, ternyata aktif menekuni bela diri Sambo yang membuatnya menjadi tak terkalahkan.

Beberapa waktu lalu, petarung kelahiran Rusia itu, mengungkapkan sebuah kunci rekor tak terkalahan terpanjang di MMA karena menekuni bela diri Sambo.

Saat publik menganggap bahwa Brazilian Jiu-jitsu merupakan seni bela diri paling ampuh untuk menumbangkan lawan, Khabib Nurmagomedov, justru meremehkannya.

Khabib Nurmagomedov kedapatan mengenakan kaus dengan tulisan: “If Sambo was easy, it would be Called Jiu Jitsu,” yang artinya “Jika Sambo dianggap mudah, seharusnya itu dinamai Jiu Jitsu.”

Peraih rekor tak terkalahan terpanjang MMA itu menganggap bahwa Jiu Jitsu tak cukup untuk membuat dirinya mampu bertarung dengan baik.

Sebelumnya, Khabib memang aktif menekuni gulat, sambo dan judo saat masih berusia dini bersama mendiang ayahnya, Abdulmanap.

Sambo sendiri merupakan bela diri yang diciptakan oleh tentara Rusia di awal 1920-an, sehingga tidak banyak diketahui petarung lain.

Sedangkan, saat menekuni Sambo, ia menemukan adanya perpaduan sempurna antara gulat dan judo yang membuatnya bisa bertarung hingga mencapai level teratas.

Dengan maksud untuk meningkatkan kecakapan bertarung dengan tangan kosong tentara Rusia, Sambo justru tanpa sengaja dibuat untuk bela diri campuran modern.

Karena memiliki perpaduan antara gaya bertarung bebas, serta kuncian gabungan dari Judo, Sambo menjadi seni bela diri yang lengkap dan paling melelahkan.