x

Kisah Kamaru Usman yang Ayahnya Dipenjara 15 Tahun karena Ketidakadilan

Minggu, 12 Juli 2020 14:18 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Ivan Reinhard Manurung

FOOTBALL265.COM - Petarung UFC asal Nigeria, Kamaru Usman ternyata menyimpan kenangan pilu di masa lalu ketika sang ayah harus mendekam di penjara karena ketidakadilan.

Kamaru Usman tengah menjadi sorotan usai berhasil memenangkan pertarungan melawan Jorge Masvidal di UFC 251 pada hari ini, Minggu (12/07/20).

Bertarung di Yas Island, Abu Dhabi Usman memenangi pertarungan penuh selama 5 ronde. Petarung asal Nigeria itu dinyatakan menang mutlak atas Jorge Masvidal dengan skor 50-45, 50-45, 49-46.  Torehan itu membuat Kamaru Usman sukses mempertahankan sabuk juara kelas Welter di UFC.

Baca Juga
Baca Juga

Kehidupan Pribadinya Buat Publik Penasaran

Kamaru Usman lahir di Nigeria pada 11 Mei 1987 silam. Ia lahir dari keluarga yang sederhana. Ketika berusia delapan tahun, keluarga Usman beremigrasi ke Amerika Serikat dan menetap di Arlington, Texas.

Di negara tersebut, ayah Usman yang bernama Muhammad Usman merintis usaha dan berhasil mendirikan dua perusahaan ambulans yang bernama Royal Ambulance.

Kerja kerasnya bahkan sampai mendapatkan penghargaan  "Businessman of the Year" pada 2003 dan 2005 silam. Sayangnya bisnis mulia itu justru terjegal masalah. Muhhamd Usman dituduh menciptakan lembar kerja palsu oleh beberapa perusahaan medis.

Baca Juga
Baca Juga

Mendekam di penjara karena ketidakadilan

Akibat masalah tersebut, Muhammad Usman harus mendekam di penjara pada 2010 lalu. Ia dijatuhi hukuman 15 tahun penjara karena kasus penipuan medis serta konspirasi untuk pencucian uang. Kenyataan pahit itu membuat Kamaru Usman merasa sedih dan terpukul.

"Ayahku sangat bangga padaku dan aku pun sangat bangga padanya. Dia membesarkan aku dan saudaraku dengan sangat baik. Dia tidak melakukan kesalahan apapun tetapi harus mendekam di penjara selama 15 tahun," ujar Usman dilansir dari The Sun.

"Sebagai manusia, hatiku hancur ketika mengingat masalah itu. Aku berusaha untuk tidak menangis saat memikirkannya," sambungnya lagi.


1. Punya Bakat Gulat Sejak Kecil

Kamaru Usman asal Nigeria berhasil mengalahkan Jorge Masvidal di UFC 251.

Jauh sebelum ayahnya di penjara, Kamaru Usman sudah menunjukkan bakat di dunia olahraga. Ia mahir dalam bermain gulat sejak duduk di bangku SMA.

Karena sang pelatih kesulitan memanggil nama Kamaru Usman jadi ia dipanggil 'Marty' saat itu. Dalam 53 pertarungan gulat amatir yang dilakoninya, Usman hanya menelan kekalahan sebanyak tiga kali dan sisanya selalu menang.

Prestasi itu membuat Usman mendapatkan pengakuan di tingkat nasional. Sebelum melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, ia berkesempatan untuk gulat melawan bintang UFC Jon Jones.

Prestasinya Semakin Bersinar

Keika menempuh studi di William Penn University, Kamaru Usman lolos kualifikasi nasional NAIA di tahun 2007. Ia kemudian dipindahkan ke Universitas Nebraska di Kearney setahun kemudian.

Di sana, Kamaru Usman menjadi juara nasional dan berhasil mengantongi hadiah 174 pound. Pada tahun 2012, Usman mencatatkan rekor 5-1 dalam debut profesionalnya di kancah MMA.

Selanjutnya pada 2015 ia diundang ke Season 21 of the Ultimate Fighter, sebuah reality show yang diprakarsai oleh UFC. Tampil impresif dalam acara tersebut membuat pintu gerbang UFC terbuka lebar untuk Kamaru Usman.
 

Ultimate Fighting Championship (UFC)Mixed Martial Arts (MMA)Berita MMAJorge MasvidalKamaru Usman

Berita Terkini