x

Seberapa Besar Peluang Islam Makhachev Bertemu dengan Conor McGregor?

Senin, 26 Juli 2021 20:02 WIB
Editor: Juni Adi
McGregor meninggalkan arena dengan pengawalan ketat di sekelilingnya.

FOOTBALL265.COM - Nama petarung Islam Makhachev belakangan tengah naik daun di panggung UFC, setelah ia memetik kemenangan ke-8 secara beruntun atas Thiago Moises di UFC Vegas 31 pada Sabtu (17/07/21) lalu.

Bertarung di UFC Apex, Las Vegas, Amerika Serikat, Thiago Moises dan Islam Makhachev sama-sama langsung memberikan serangan high kick di ronde pertama.

Keduanya sama-sama begitu hati-hati dalam melakukan pergerakan, akan tetapi Moises tiba-tiba bergerak agresif dan memojokan Makhachev.

Baca Juga
Baca Juga

Makhachev berhasil lolos dari tekanan Moises, dan membalasnya lewat tendangan lutut serta take down yang diuntungkan dengan posisi atas.

Pukulan sikut ke wajah Moises pun membuat lawannya kesulitan untuk melawan hingga ronde pertama berakhir.

Ronde kedua berjalan makin intens, pukulan dari Makhachev yang merupakan anak didik Khabib Nurmagomedov ini membuat wajah Thiago Moises mengeluarkan darah.

Duel makin seru setelah keduanya melakukan upaya take down, dengan Makhachev menunjukkan penampilan impresifnya melalui kontrol gaya bertarungnya yang apik serta kombinasi dari kemampuan gulatnya.

Kali ini Makhachev nampak begitu dominan dan membuat Moises kesulitan untuk melakukan defense.

Meski demikian, Moises mampu bertahan dan selamat saat Makhachev hendak melakukan kuncian leher karena bersamaan dengan berakhirnya babak kedua.

Baca Juga
Baca Juga

Body kick dari Moises mengawali ronde ketiga. Makhachev kembali mencoba menjatuhkan lawannya, namun Moises mampu bangkit dan mempertahankan posisi standing fighting.

Sayangnya Makhachev mampu melakukan take down dan keduanya sama-sama melangsukan kucian kaki dengan anak didik andalan Khabib dalam posisi berbahaya.

Meski akhirnya bisa bertahan hingga berakhirnya ronde ketiga. Ronde keempat kembali dengan pertarungan bawah. 

Makhachev yang unggul dalam posisi ini pun langsung mengerahkan kemampuan gulatnya dengan melakukan kuncian leher rear-naked choke yang akhirnya membuat Moises menyerah di ronde keempat.


1. Peluangnya Sangat Kecil

Islam Makhachev, petarung MMA asal Rusia.

Meski sudah memenangkan 8 pertarungan beruntun, kubu Islam Makhachev belum mau berhenti mencari lawan untuk naik octagon lagi. Mereka ingin bertarung sekali lagi sebelum tahun 2021 berakhir.

Islam Makhachev sendiri sudah menyebut tiga nama yang ingin dia hadapi dalam pertarungan berikutnya.

Mereka adalah Tony Ferguson, Rafael dos Anjos, dan Michael Chandler. Hal itu karena kebiasaan Makhachev yang tidak ingin bertarung melawan jagoan dengan peringkat lebih tinggi dari dirinya.

Saat ini ia berada di ranking UFC ke-5. Sebelum UFC Vegas 31 ia menempati posisi ke-9. Seharusnya ia dipertemukan lawan yang berada di ranking 1 hingga 8 dalam UFC Vegas 31 lalu.

Tetapi dia ternyata malah dipertemukan dengan Thago Moises petarung peringkat 14. Artinya, kecuali Michael Chandler, semua lawan yang ditantang Islam Makhachev pasca-UFC Vegas 31 adalah jagoan yang berada di bawahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Tony Ferguson kini menempati posisi ke-6, Rafael dos Anjos di peringkat 7, dan Conor McGregor malah amblas ke ranking 9.

Melihat hal tersebut, maka akan menjadi peluang yang sangat besar Islam Makhachev bertemu dengan Conor McGregor. 

Sayangnya potensi pertarungan itu bisa meleset, karena bos UFC, Dana White punya rencana lain untuk pertarungan Makhachev selanjutnya.

Ia ingin mempertemukan Makhachev dengan petarung berperingkat lebih tinggi, yakni Beneil Dariush yang saat ini berada di posisi ke-3. Hal tersebut diungkapkan Dana White dalam wawancaranya dengan Yahoo Sports.

"Sekarang mereka semua harus melawan Islam," kata sang bos.

"Saya pikir kami akan mengatur pertarungan Islam Makhachev dengan Beneil Dariush. Saya suka ide itu," pungkas White.

Baca Juga
Baca Juga

Kata-kata White ini berarti bagus bagi Makhachev terkait ambisinya menjadi juara kelas ringan UFC.

Pertarungan antara jagoan peringkat 5 melawan peringkat 3 tidak bisa tidak bisa dianggap sebagai satu langkah sebelum laga perebutan sabuk juara.

Artinya, Makhachev sudah di depan pintu sebuah title fight. Apabila menang atas Dariush, Makhachev kemungkinan besar bakal dipertemukan dengan sang juara kelas ringan UFC.

Orang itu adalah salah satu di antara Charles Oliveira atau Dustin Poirier, yang digadang-gadang akan disabung oleh UFC pada akhir tahun ini.

Ultimate Fighting Championship (UFC)Conor McGregorDana WhiteIslam Makhachev

Berita Terkini