x

Punya Aksi Takedown Sempurna, Ini Bela Diri Rahasia yang Buat Khabib Nurmagomedov Tak Terkalahkan

Kamis, 11 Agustus 2022 23:38 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Subhan Wirawan
Khabib Nurmagomedov menekuni bela diri asli dari Rusia, Sambo.

FOOTBALL265.COM – Mantan petarung kelas ringan UFC, Khabib Nurmagomedov, ternyata aktif menekuni bela diri Sambo yang membuatnya menjadi tak terkalahkan.

Beberapa waktu lalu, petarung kelahiran Rusia itu, mengungkapkan sebuah kunci rekor tak terkalahan terpanjang di MMA karena menekuni bela diri Sambo.

Baca Juga

Saat publik menganggap bahwa Brazilian Jiu-jitsu merupakan seni bela diri paling ampuh untuk menumbangkan lawan, Khabib Nurmagomedov, justru meremehkannya.

Khabib Nurmagomedov kedapatan mengenakan kaus dengan tulisan: “If Sambo was easy, it would be Called Jiu Jitsu,” yang artinya “Jika Sambo dianggap mudah, seharusnya itu dinamai Jiu Jitsu.”

Peraih rekor tak terkalahan terpanjang MMA itu menganggap bahwa Jiu Jitsu tak cukup untuk membuat dirinya mampu bertarung dengan baik.

Baca Juga

Sebelumnya, Khabib memang aktif menekuni gulat, sambo dan judo saat masih berusia dini bersama mendiang ayahnya, Abdulmanap.

Sambo sendiri merupakan bela diri yang diciptakan oleh tentara Rusia di awal 1920-an, sehingga tidak banyak diketahui petarung lain.

Sedangkan, saat menekuni Sambo, ia menemukan adanya perpaduan sempurna antara gulat dan judo yang membuatnya bisa bertarung hingga mencapai level teratas.

Baca Juga

Dengan maksud untuk meningkatkan kecakapan bertarung dengan tangan kosong tentara Rusia, Sambo justru tanpa sengaja dibuat untuk bela diri campuran modern.

Karena memiliki perpaduan antara gaya bertarung bebas, serta kuncian gabungan dari Judo, Sambo menjadi seni bela diri yang lengkap dan paling melelahkan.


1. Sambo Lebih Sulit dari Jiu-Jitsu

Tangisan Khabib Nurmagomedov usai mengalahkan Justin Gaethje

Sejak nama Khabib Nurmagomedov mencuat ke permukaan karena rekor tak terkalahan terpanjang di MMA, ternyata sebelumnya ada petarung lain yang menggunakan Sambo.

Senior Khabib Nurmagomedov, Fedor Emelianenko, sebagai petarung kelas berat paling menonjol dalam sejarah MMA juga merupakan pegiat Sambo.

Baca Juga

Pria berusia 45 tahun itu, ternyata juga lahir di negara yang sama dengan Khabib, yakni dari negara Rusia.

Seni bela diri Sambo, tampaknya memang telah menjadi kunci dari kesuksesan para petarung dari Rusia.

Terlepas dari sejarah terciptanya seni bela diri tersebut, Sambo, terbukti banyak memberikan dorongan untuk menghasilkan petarung-petarung berbakat saat ini.

Baca Juga

Hanya saja, bagi seseorang yang ingin menekuni bela diri Sambo, harus menyiapkan mental, dan kekuatan.

Sebab, untuk menguasai bela diri Sambo, seseorang harus mampu menunjukkan kekuatan, daya tahan, mobilitas dan koordinasi yang luar biasa.

Pelatihan Sambo biasanya dipenuhi dengan aktivitas seperti, senam, kardio, berguling, bergulat, menyerang dan kemampuan headstand serta handstand.

Baca Juga

Bahkan Khabib Nurmagomedov yang tak terkalahkan itu harus menangis ketika dibuat terkapar oleh Magomed Ibragimov, di kompetisi Sambo 2016 silam.

Hal itu membuktikan, bahwa Sambo memanglah seni bela diri yang cukup sulit untuk dikuasai. Bahkan, untuk seorang seperti Khabib Nurmagomedov.


2. Khabib Nurmagomedov Akui Kemampuan Beberapa Petarung

Usai pertarungan Khabib mengumumkan pengunduran dirinya di Octagon setelah kemenangannya atas Justin Gaethje dalam pertarungan di UFC Fight Island, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Mantan pertarung MMA, Khabib Nurmagomedov, menyebutkan ada enam petarung UFC yang terhebat sepanjang masa.

Cabang olahraga Mixed Martial Arts (MMA) selalu menyuguhkan duel menarik sekaligus mendebarkan yang mampu menghibur para penonton dan penggemar.

Salah satunya ialah promotor MMA terbesar di dunia, Ultimate Fighting Championship (UFC) yang terkenal dengan selalu menggelar duel menarik.

Bahkan UFC juga telah melahirkan sejumlah seniman bela diri ternama, di mana kemampuannya tentunya sudah diuji.

Sebut saja ada Khabib Nurmagomedov, Conor McGregor, Israel Adesanya, Kamaru Usman, dan petarung lainnya yang juga pemegang gelar.

Baca selengkapnya: Tak Mau Jemawa, Khabib Nurmagomedov Sebut 6 Petarung UFC Terhebat Sepanjang Masa

Ultimate Fighting Championship (UFC)SamboKhabib Nurmagomedov

Berita Terkini