x

Cara Jitu Buat Olahraga Menjadi Seru untuk Anak

Minggu, 2 Desember 2018 15:27 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi anak-anak berolahraga.

FOOTBALL265.COM – Apakah anak Anda sudah berolahraga dengan cukup? Seperti layaknya makan dan tidur, olahraga dan kegiatan olah tubuh juga harus menjadi aktivitas yang dijalani anak-anak Anda secara rutin.

Bahkan, Anda sudah dapat memberikan aktivitas fisik kepada sang buah hati sebelum mereka merangkak. Untuk anak-anak dengan usia di bawah 7 tahun, bermain aktif setidaknya selama tiga jam dalam lingkungan yang aman merupakan sesuatu yang dianjurkan.

Untuk anak di usia 7 hingga 18 tahun, mereka harus memiliki setidaknya satu jam aktivitas fisik dalam sehari. Untuk mengakalinya, cobalah untuk membuat mereka melakukan olahraga dengan instensitas yang cukup tinggi setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Baca Juga

Hal ini berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak dengan memperkuat otot dan tulang anak Anda.

Selain pentingnya untuk membiasakan anak Anda berolahraga, pola hidup yang teratur seperti membatasi waktu menonton televisi serta perangkat ponsel juga menjadi kuncinya. Batasi waktu penggunaan gadget dengan maksimal dua jam per harinya.

Untuk menambah ketertarikan anak Anda terhadap olahraga, jangan buat aktivitas olah badan ini menjadi layaknya tugas yang monoton dan membosankan.

Berikut beberapa tips yang dapat INDOSPORT rangkum agar kegiatan olahraga Anda dan buah hati jauh lebih menyenangkan.


1. Biarkan Anak Memilih Minatnya

Anak kecil saat berenang.

Biarkan anak Anda memilih aktivitas olahraga yang memang ia minati, jangan dipaksakan. Bila perlu cari tahu apa yang memang anak Anda sukai. Anda juga dapat memasukkan mereka ke dalam kursus olahraga seperti klub sepak bola atau ballet.

Jadilah Contoh yang Baik

Kita semua mungkin tahu kalau anak adalah peniru yang andal, maka dari itu jadilah contoh yang baik. Ambil bagian dalam suatu aktivitas fisik (olahraga) dengan antusias, ini tidak menutup kemungkinan dapat membuat anak Anda ikut tertarik dan mengikuti apa yang Anda lakukan.

Baca Juga

Motivasi Sang Buah Hati

Dukung buah hati Anda untuk tergabung di dalam suatu tim olahraga. Hal ini membantu anak Anda untuk mengembangkan kekuatan fisik, teknis, serta keterampilan sosial sang anak untuk lebih komunikatif.


2. Masukkan Olahraga ke Dalam Aktivitas Akhir Pekan

Ilustrasi anak-anak bersepeda.

Akhir pekan merupakan hal yang dinanti semua orang. Agar akhir pekan Anda tidak dihabiskan hanya dengan bermalas-malasan, Anda dapat mencari kegiatan yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga seperti permainan bola atau bersepeda bersama berkeliling komplek.

Berikan Mainan yang Memang Mendorong Aktivitas Fisik

Untuk mempermudah Anak dalam berolahraga, berikan saja mainan yang memang berupakan alat untuk berolahraga.

Baca Juga

Anda dapat memberikan bola, raket, atau lompat tali yang tentunya membuat anak Anda terus mengasah gerak tubuhnya tanpa sadar bahwa mereka sedang berolahraga.

Penulis: Fildzah Yumna

Komunitas SehatTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini