x

Provinsi Papua Jadi Tuan Rumah 5 Event Olahraga Nasional

Jumat, 8 Februari 2019 20:04 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Arum Kusuma Dewi

FOOTBALL265.COM - Provinsi Papua akan menjadi tuan rumah lima event nasional pada tahun 2019 dan 2020 mendatang.

Lima event yang akan diselenggarakan di bumi cenderawasih yakni, Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas), Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas), Pekan Olahraga Nasional (PON), dan Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Daud Ngabalin mengatakan, Papua siap menjadi tuan rumah untuk lima event nasional tersebut.

Baca Juga

“Kita patut berbangga karena Papua berhasil mendapatkan kepercayaan menjadi penyelenggara beberapa acara perlombaan olahraga tingkat nasional di tahun 2019 dan 2020 nanti,” ujar Daud Ngabalin dalam rilisnya, Jumat (08/02/19).

Sebagai tuan rumah PON 2020, Papua kini sedang melakukan pembangunan venue di lima klaster penyelenggaraan, yakni klaster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika, Merauke, Jayawijaya, Biak dan empat sub klaster atau kabupaten penyangga yakni kabupaten Supiori, Kepulauan Yapen, Tolikara, dan Keerom.

Daud menjelaskan bahwa hakekat dari PON itu adalah pembukaan dan penutupan, dan itu akan dipusatkan di Stadion Papua Bangkit, dan progres pembangunnya hingga akhir Januari sudah mencapai 98 persen.

“Kita pastikan stadion Papua Bangkit siap diresmikan bulan April mendatang, progres pembangunan sudah hampir rampung,” ujarnya.

Untuk venue lainnya, Daud menjamin akan selesai dibangun akhir tahun 2019, dan akan dipakai saat test event Porwanas di bulan April tahun 2020.

“Kita optimis semua venue selesai dibangun akhir tahun ini, pembangunan kita sharing dana antara pusat, provinsi dan kabupaten/kota,” tuturnya.

Baca Juga

“Kami sudah siap menyelenggarakan PON di Papua, semua stakeholder sudah bekerja keras untuk menyukseskan multi event empat tahunan itu."

"Ini juga menjadi satu kehormatan kepada masyarakat Papua menjadi tuan rumah. Sebab dengan diselenggarakan PON di Papua membawah dampak kepada pembangunan dan perekonomian di Papua,” tutupnya.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di FOOTBALL265.COM

PON 2020PapuaStadion Papua Bangkit

Berita Terkini