x

4 Gerakan Melatih Kekuatan Inti ala Hailey Beiber

Selasa, 12 Maret 2019 13:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Hailey, istri Justin Bieber, memiliki trik khusus untuk melakukan empat latihan dalam satu gerakan

FOOTBALL265.COM – Mendapatkan kekuatan, keseimbangan, kardio dan stabilitas hanya dengan satu latihan tunggal ternyata bisa dilakukan, seperti yang selalu dipraktikkan oleh Hailey (Baldwin) Bieber berikut ini.

Dilansir dari laman SELF, latihan ini sebenarnya memberikan beberapa manfaat, mulai dari penguatan di tubuh bagian bawah, stabilitas kekuatan inti, keseimbangan dengan satu kaki, dan kardio berisiko rendah.

Baca Juga

Istri dari penyanyi Justin Bieber ini kerap berlatih menggunakan satu gerakan tunggal tersebut, di mana ia menggabungkan empat gerakan berbeda: latihan keseimbangan satu kaki, deadlift satu kaki, forward lunge, dan stationery lunge dengan beban.

Kirk Myers, pemilik gym favorit yang berbasis di New York dan juga teman berlatih Hailey, mengatakan bahwa, “(Latihan) ini menantang keseimbangan Anda, yang mendorong Anda mengaktifkan (dan memperkuat) inti Anda.”

Nah, lantas bagaimana melakukan semua gerakan tersebut dalam satu bentuk latihan? Football265.com memaparkan penjelasannya berikut ini:


1. Memecah Fungsi Masing-masing Gerakan

Salah satu gerakan deadlift yang melatih kekuatan inti dan keseimbangan

Untuk melakukannya, Anda perlu memecah satu gerakan tersebut menjadi empat komponen gerakan penting.

Pada bagian deadlift satu kaki, Anda harus mengulurkan kaki ke belakang dan panjangkan semaksimal mungkin. Latihan deadlift ini dilakukan dengan mengandalkan kekuatan satu kaki, untuk menambah stabilitas, keseimbangan dan kardio.

Baca Juga

Kemudian, pada bagian keseimbangan, Anda menggunakan satu kaki yang bekerja akan melatih area pinggul, betis dan otot dan tendon. Gerakan forward lunge melibatkan quad, inti dan glutes, sedangkan stationery lunge dengan beban melibatkan otot-otot di bagian samping perut.

Lebih dari itu, menggunakan unsur beban pada latihan ini bisa memperkuat kinerja paru-paru Anda.


2. Lakukan Secara Terpisah Sebelum Disatukan

Latihan deadlifts yang mengombinasikan empat gerakan dalam satu latihan untuk mendapatkan banyak maanfaat sekaligus

Jangan melakukan gerakan tunggal ini dengan tergesa-gesa. Artinya, Anda harus melakukan masing-masing komponen gerakan secara perlahan untuk mendapatkan performa yang baik. Lakukan setidaknya 10 repetisi dari setiap komponen secara terpisah.

Baca Juga

Tentu saja, ketika melakukan setiap komponen gerakan ini, hal paling sulit adalah ketika melatih stabilitas dan keseimbangan satu kaki. Jika Anda kesulitan, lakukan deadlift dengan dua kaki. Selain itu kurangi ketinggian Anda mengangkat lutut untuk mempermudah melatih keseimbangan.


3. Melakukan Gerakan Combo 4 Komponen

Latihan deadlifts yang mengombinasikan empat gerakan dalam satu latihan untuk mendapatkan banyak maanfaat sekaligus

Menggunakan kettlebell atau dumbbell bisa membantu memantapkan setiap gerakan yang dibutuhkan oleh latihan ini.

Jika Anda masih bingung dengan penggabungan gerakan ini, Myers sudah membagikan video singkat latihan ini yang didemonstrasikan oleh Hailey dan rekannya sesama model Camila Morrone.

- Berdirilah dengan melebarkan kaki selebar pinggul. Pegang beban dengan kedua tangan setinggi dada.

- Tekuk kaki kiri ke depan. Tanpa menurunkan kaki, lemparkan kaki ke belakang sampai benar-benar lurus. Kemudian kembalikan posisi kaki dengan lutut menekuk ke depan.

- Setelah itu, turunkan kaki kiri ke bawah satu langkah ke depan. Kemudian turunkan tubuh Anda sampai Anda merasakan regangan pada paha belakang, posisi lutut kaki kanan menyentuh tanah.

Baca Juga

- Sambil melewatkan beban di bawah kaki yang ditekuk ke depan, ganti posisi kaki dan ulangi gerakan di atas dengan kaki kanan.

- Terus ulangi secara berurutan empat bagian tersebut, lakukan juga pergantian kaki setelah 1 menit. Kemudian, istirahatlah selama 30 detik.

Komunitas SehatJustin BieberOlahragaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini