x

eSports Bali Antusias Sambut PON Papua 2021, Target Rebut Tiket Utama

Jumat, 20 Agustus 2021 00:54 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Free Fire Indonesia Masters 2021.

FOOTBALL265.COM - eSports Bali antusias menyambut digelarnya ekshibisi cabang olahraga (cabor) Esports pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Bali memasang target lolos tiket utama menuju Papua.

Ada tiga game yang akan digelar pada ekshibisi Esport di PON Papua, yakni Free Fire, Mobile Legends dan eFootball PES 2021. Pra-PON akan dilakukan secara daring pada 7-14 September 2021.

Khusus untuk eFootball PES 2021, 33 provinsi dibagi dalam enam grup berbeda. Bali masuk grup D bersama Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Papua Barat.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami siap bersaing pada ekshibisi Esport di PON Papua XX 2021. Harapannya wakil Bali yang ikut Pra PON bisa masuk ke babak utama," ucap ketua harian Pengprov Esports (ESI) Bali, Anak Agung Gde Harya Putra, Kamis (19/8/21).

Agung Gde Harya menuturkan, perkembangan Esports di Bali cukup pesat. Saat ini, sembilan kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali sudah memiliki kepengurusan Esports.


1. Menuju Profesional

Indonesian eSports Association (IESPA) dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) justru menjalin kerja sama untuk membentuk Timnas Esports.

Potensi atlet Esports dari Bali mencapai puluhan ribu orang. Mereka sudah bergerak menuju arah profesional dengan membentuk wadah tim yang memiliki manajerial.

Ada harapan agar tim-tim di Bali nantinya bisa menyusul jejak Island of Gods (IOG) Esport. Tim esports milik Bali United tersebut sudah punya nama di Tanah Air.

"Perkembangannya cukup signifikan. Kami sudah beberapa kali membuat turnamen, baik itu di kabupaten maupun provinsi. Kami berharap atlet-atlet Esports Bali yang bergerak ke arah profesional semakin banyak," tutur Agung Gde Harya.

Baca Juga
Baca Juga

"Ekshibisi Esport di PON Papua ini menjadi salah satu motivasinya, bahwa siapa pun bisa jadi atlet esports. Sudah ada jalur resmi dan dukungan dari pemerintah," lanjutnya.

Sebelum terbang ke Papua, setiap provinsi akan menggelar babak kualifikasi yang digelar secara virtual. Dari fase ini akan dicari satu atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori.

Nantinya, 33 provinsi akan memperebutkan tiket untuk 11 tim terbaik Free Fire, lima tim terbaik Mobile Legends dan lima orang terbaik eFootball PES 2021. Papua sebagai tuan rumah langsung lolos, tanpa mengikuti Pra PON.

eSportsFree FirePON XX 2020PON Papua

Berita Terkini