x

Pesenam AS, Simone Biles Bersaksi Tentang Pelecehan Seksual yang Dialami

Kamis, 16 September 2021 19:36 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Simone Biles, pesenam muda Amerika Serikat yang pecahkan rekor dunia.

FOOTBALL265.COM - Pesenam asal Amerika Serikat, Simone Biles telah bersaksi di depan Senat tetang pelecehan seksual yang dialaminya. Pelecehan itu dilakukan oleh mantan dokter tim, Larry Nassar.

Mantan rekan satu tim Simone Biles, Aly Raisman dan McKayla Maroney juga melakukan hal yang sama di hadapan komite. Kesaksian itu dilakukan bersama dengan Direktur FBI Christopher Wray.

Atas tindakannya melakukan pelecehan seksual, Larry Nassar dihukum seumur hidup. Akan tetapi Simone Biles menyayangkan lambannya tindakan yang diambil oleh FBI.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya menyalahkan Larry Nasser, dan saya juga menyalahkan seluruh sistem yang memungkinkan dan melakukan pelecehannya. Jika Anda membiarkan pemangsa menyakiti anak-anak, konsekuensinya akan cepat dan parah," ujar Biles dilansir dari BBC.

Dalam kesaksian emosional pada hari Rabu (15/09/21), keempat pesenam itu mengatakan penderitaan yang mereka alami kepada Komite Kehakiman Senat.

Mereka merasa selama ini FBI telah melakukan penanganan yang ceroboh. Pesenam yang telah meraih medali empat emas Olimpiade menyerukan agar agen yang terlibat bisa diadili secara federal.

Baca Juga
Baca Juga

Aly Raisman, yang menjabat sebagai kapten tim senam Olimpiade AS pada 2012 dan 2016 silam mengaku prihatin masih harus berjuang mencari pertanggungjawaban. Raisman mendapat pelecehan seksual dari Larry Nassar pada enam tahun yang lalu.

"Selama beberapa tahun terakhir telah menjadi sangat jelas bagaimana penyembuhan korban dipengaruhi oleh cara penanganan kasus," kata Aly Raisman.


1. Kesaksian Aly Raisman

Pesenam Amerika Serikat, Simone Biles.

Sama seperti pesenam yang lain, Aly Raisman juga melayangkan kritikan pedas terhadap penyelidikan yang dilakukan FBI. Lambannya penanganan kasus membuat pelaku bisa mencari korban-korban lainnya.

McKayla Maroney, yang memenangkan emas di Olimpiade London 2012, menggambarkan pengalaman diwawancarai oleh FBI. Maroney mengaku saat itu FBI cenderung mengabaikan trauma yang dirasakannya.

"Mereka memilih untuk mengarang, berbohong tentang apa yang saya katakan dan melindungi pelaku penganiaya anak berantai. Apa gunanya melaporkan pelecehan jika agen FBI kita sendiri akan mengubur laporan itu di laci?," ucap McKayla Maroney kepada para senator.

Secara total, Nassar dituduh melakukan pelecehan seksual oleh lebih dari 330 wanita dan anak perempuan di Senam AS dan Universitas Negeri Michigan.

OlimpiadeSenamSimone Biles

Berita Terkini