x

Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di China, Asian Games Terancam Ditunda

Sabtu, 23 April 2022 10:03 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor:
Kasus Covid-19 Melonjak Lagi di China, Asian Games Terancam Ditunda.

FOOTBALL265.COM - Asian Games 2022 di China terancam di tunda setelah kasus Covid-19 di negara itu kembali melonjak.

Asian Games 2022 bukanlah ajang olahraga biasa. Turnamen itu termasuk besar bahkan sekelas Olimpiade. Rencananya pesta olahraga negara-negara Asia tersebut dijadwalkan berlangsung pada September tahun ini di Hangzhou, China.

Baca Juga

Akan tetapi kini negara itu justru sedang bergulat dengan keadaan darurat Covid-19. Belum ada keputusan yang dibuat tetapi ada kemungkinan ditunda, kata pejabat yang bekerja pada badan olahraga Dewan Olimpiade Asia (OCA) kepada AFP, Sabtu (23/04/22).

Ini bukan kali pertama turnamen di China harus ditunda karena terdampak wabah Covid-19. Sebelumnya, sudah ada beberapa turnamen olahraga yang mengalami penundaan.

Baca Juga

Terakhir China jadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022 lalu. Shanghai, kota terbesar di China, mengalami wabah COVID-19 terburuk di negara itu dalam dua tahun terakhir, dengan pembatasan selama berminggu-minggu membuat sebagian besar dari 25 juta penduduknya terkurung di rumahnya.

Panitia penyelenggara mengatakan keseluruhan 56 arena kompetisi untuk Asian Games telah selesai bulan ini dan berjanji menerbitkan rencana pengendalian virus yang akan meniru Olimpiade Musim Dingin.

"Kami kini hanya membuat beberapa penyesuaian akhir dan peningkatan fasilitas," kata pejabat yang bertanggung jawab atas pengoperasian arena Hangzhou Olympic Sports Center, Lu Chunjiang, kepada jaringan televisi China CCTV.

Baca Juga

Hangzhou yang berjarak kurang 200 kilometer dari Shanghai, dijadwalkan menyelenggarakan Asian Games yang akan berlangsung pada 10-25 September. 

Ini adalah tuan rumah ketiga bagi  China setelah Beijing pada 1990 dan Guangzhou pada 2010.


1. kondisi Covid-19 di China

Hangzhou menjadi tuan ruman untuk turnamen Asian Games dan Asian Para Games 2022

Di tengah melandainya kasus Covid-19 di beberapa negara termasuk di Indonesia. Negara pendatang Covid-19 ini yakni China seakrang tengah mengalami lonjakan kasus yang bergejala di pusat perekonomian China itu.

Baca Juga

Sudah beberapa hari kasus di China ini mengalami peningkatan, makanya pihak China melalukan penguncian ketat (lock down) di daerah tersebut. 

Rencana, akan dilonggarkan dalam waktu dekat namun batal dilakukan karena kasus masih tinggi. Shanghai melaporkan 15.861 kasus virus corona tanpa gejala lokal baru pada Rabu (20/4/2022), turun dari 16.407 sehari sebelumnya. Namun, kasus bergejala mencapai 2.634, naik dari 2.494.

Baca Juga

Distrik pusat Jingan, rumah bagi hampir 1 juta orang dan beberapa mal paling mencolok di kota itu, pada Kamis pagi mengatakan tidak akan lagi mengizinkan penduduk keluar dari kompleks perumahan mereka dengan alasan risiko penularan besar.

Pada konferensi pers reguler, Wakil Gubernur distrik Chongming mengatakan sebagian besar pembatasan akan tetap diberlakukan. 


2. Perjuangan Kontingen Indonesia

Hangzhou menjadi tuan ruman untuk turnamen Asian Games dan Asian Para Games 2022

Meskipun telah melaporkan nol kasus di luar daerah karantina dan 90% dari 640.000 atau lebih penduduknya sekarang berada di teori diizinkan meninggalkan rumah mereka.

Terlepas dari hal itu, sebentar lagi kontingen Indonesia akan berjuang di ajang SEA Games 2021. Tahun ini, masyarakat Asia Tenggara menyambut ajang SEA Games atau South East Asian Games.

Ajang olahraga yang diikuti oleh negara-negara Asia Tenggara ini dilaksanakan 2 tahun sekali. Pada 2021 lalu, SEA Games direncanakan untuk dilaksanakan pada bulan November hingga Desember.

Baca Selengkapnya SEA Games 2021: Para Bintang Liga Eropa yang Bakal Sulitkan Timnas Indonesia di Grup A

Asian GamesChinaBerita OlahragaVirus Corona

Berita Terkini