x

Breaking News! Asian Games Hangzhou 2022 Resmi Ditunda Gara-gara Covid-19

Jumat, 6 Mei 2022 14:31 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Logo Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, China.

FOOTBALL265.COM - Pesta olahraga se-Asia atau Asian Games 2022 yang akan digelar di Hangzhou, China, kini resmi ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Asian Games 2022 yang akan berlangsung di Hangzhou pada bulan September nanti, dipastikan ditunda tanpa ada batas waktu.

Hal ini diungkapkan oleh penyelenggara Asian Games 2022 pada hari ini, Jumat (6/5/22), ketika China masih berjuang melawan naiknya kasus Covid-19.

Baca Juga

Tidak ada alasan khusus yang diberikan penyelenggara Asian Games 2022 untuk penundaan itu, tetapi China diketahui memang gigih menuntaskan Covid-19.

"Dewan Olimpiade Asia mengumumkan bahwa Asian Games ke-19, yang semula dijadwalkan diadakan di Hangzhou, China pada 10-25 September 2022 akan ditunda."

Baca Juga

"Tanggal baru untuk kontes olahraga ini akan diumumkan di kemudian hari," tertulis dalam rilis di website Asian Games.

Diketahui, tuan rumah Hangzhou berada di dekat Kota Shanghai, kondisi ini sangat rawan karena Shanghai tengah mengalami krisis akibat lockdown berkepanjangan.

Lockdown panjang ini diberlakukan karena pemerintah China ingin tidak ada lagi kasus Covid-19 di negaranya, atau zero tolerance.

Baca Juga

Padahal, penyelenggara Asian Games 2022 mengatakan bahwa Hangzhou telah selesai membangun sekitar 56 tempat kompetisi untuk Asian Games dan Asian Para Games.

Pada momen itu, mereka juga memaparkan bahwa asian Games 2022 akan menerapkan sistem bubble, seperti di Olimpiade Musim Dingin Beijing yang sukses di Februari lalu.


1. Asian Games Ditunda, Bulutangkis Indonesia Kecewa

Tim bulutangkis putri Indonesia siap berjuang di Piala Uber 2022.

Salah satu cabang olahraga yang paling terpukul dengan kabar penundaan Asian Games 2022 Hangzhou adalah bulutangkis.

Skuat bulutangkis Indonesia memiliki target tinggi untuk meraih medali emas di Asian Games 2022, mengingat saat ini para atlet Merah Putih berada di peringkat atas dunia.

Ada pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di posisi tertinggi sektor ganda putra bulutangkis level dunia.

Ada pula Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, dan Komang Ayu Cahya Dewi yang ingin menunjukkan kebangkitan tunggal putri Indonesia di kancah Asia.

Belum lagi Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting yang ingin melanjutkan prestasi mereka di Asian Games 2018 lalu.

Maka, kabar penundaan Asian Games 2022 Hangzhou sangat mengecewakan mereka. Hal itu juga diungkapkan oleh Kabid Humas Luar Negeri PBSI, Bambang Roedhyanto.

"Berita Maha Kejang," tulis Bambang melalui akun Twitter @RudyRoedyanto, sembari menambahkan cuplikan headline bahwa Asian Games 2022 resmi ditunda.

Unggahan ini langsung menuai komentar dari netizen. Mereka juga mengaku kecewa dengan keputusan penundaan tersebut.


2. Netizen Sayangkan Penundaan Asian Games

Puan Maharani menyerahkan bendera dewan olimpiade asia kepada perwakilan komite penyelenggara Asian Games China 2022.

"Padahal gue sudah prediksi kalau Asian Games bakal ditunda, tapi tetep aja kaget," komentar dari akun Twitter @indr_wts.

"Sudah ketebak sejak Shanghai lockdown lagi gara-gara pemerintahnya mau zero Covid, tapi tetep aja kaget. Kirain paling nggak bakal sistem bubble kayak di Bali kemaren," timpal akun @sofia_ninetytwo.

"Jadi inget Pak Wisnutama pernah bilang dulu pas Indonesia nyiapin Asian Games 2018, China juga udah persiapan, bahkan udah rehearsal lighting dll, siapa yang tau kejadiannya bakal kayak gini," ujar @aeczx_.

"Kalo mau nurutin regulasi zero Covid-19 terus ya bakal susah ngadain event-event gede semacam Asian Games gitu," balas pemilik akun @liliananda_.

Asian GamesChinaMulti-EventNetizenBulutangkisBerita BulutangkisVirus Corona

Berita Terkini