x

Selain Sepak Bola, Ini 8 Cabor yang Bakal Dipertandingkan Sebelum Pembukaan SEA Games 2021

Jumat, 6 Mei 2022 15:53 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM – Berikut deretan cabang olahraga atau cabor yang bakal dipertandingkan sebelum digelarnya pembukaan SEA Games 2021 Vietnam.

Pembukaan pesta olahraga terakbar se Asia Tenggara, SEA Games, edisi 2021 yang diselenggarakan di Vietnam rencananya akan digelar pada 12 Mei 2022 mendatang.

Baca Juga

Meski belum ‘resmi’ dibuka pada 12 Mei nanti, nyatanya ada beberapa cabor yang akan dipertandingkan. Salah satunya adalah sepak bola.

Untuk cabor sepak bola, Timnas Indonesia U-23 dalam hitungan jam akan bertanding melawan tuan rumah, Vietnam. Laga ini sendiri akan digelar pada Jumat (06/05/22) pada pukul 19.00 WIB.

Laga melawan Vietnam ini akan menjadi laga perdana Timnas Indonesia U-23 dalam kampanyenya meraih medali emas di SEA Games 2021.

Baca Juga

Terakhir kali Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas di SEA Games terjadi pada 1991 silam. Sehingga laga melawan Vietnam di SEA Games kali ini pun menjadi titik awal sebelum memutus puasa medali emas.

Tak hanya sepak bola kategori putra, masih ada beberapa cabor lain yang ternyata juga akan dipertandingkan jauh sebelum pembukaan SEA Games 2021 digelar pada 12 Mei nanti.

Cabor apa saja yang akan dipertandingkan tersebut? Berikut daftarnya

Baca Juga

1. Bola Tangan Pantai

Cabang olahraga Bola Tangan Pantai juga diselenggarakan pada hari ini, Jumat (06/05/22). Cabor ini dijadwalkan akan dipertandingkan di Pantai Tuan Chau.

Hanya saja, tak ada wakil Indonesia yang akan berlaga di ajang ini, usai Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali tak memasukkan satu atlet pun dalam cabor ini.


1. Cabor Sebelum Pembukaan SEA Games 2021

Atlet loncat Indah Indonesia, Maria Natalie Dinda beraksi dalam penyisihan Loncat Indah Putri 3 meter Springboard Asian Games 2018 di Aquatic Center GBK, Sabtu (01/09/18). Maria juga gagal melaju ke babak final kelas tersebut.

2. Kickboxing

Tak hanya sepak bola putra dan bola tangan pantai saja, ada cabor lain yang dipertandingkan pada Jumat (06/05/22), yakni Kickboxing.

Cabor Kickboxing sendiri bakal digelar di Bac Ninh Gymasium. Total ada 8 atlet Indonesia yang akan unjuk gigi pada cabang olahraga ini.

Baca Juga

3. Loncat Indah

Dua hari berselang atau pada Minggu (08/05/22), akan ada pertandingan Loncat Indah yang dipertandingkan di My Dinh Aquatics.

Sama seperti Bola Tangan Pantai, di cabor Loncat Indah tak ada satu pun atlet Indonesia yang diberangkatkan oleh Menpora.

Baca Juga

4. Rowing

Di waktu yang bersamaan dengan Loncat Indah, SEA Games 2021 akan menghadirkan cabor Rowing yang akan digelar di Thuy Nguyen Boat Racing Center.

Di cabang olahraga ini, Indonesia mengirimkan total 34 atlet. Diketahui, kontingen Rowing dari Tanah Air sudah berangkat terlebih dahulu bersama kontingen sepak bola putra.


2. Event Sebelum Pembukaan SEA Games 2021

Indonesia berhasil menundukkan Malaysia di menit-menit terakhir, Indonesia menang dengan skor 5-1. Foto: AFF Futsal/FAT

5. Catur

Pada 10 Mei 2022 atau pada hari Selasa nanti, SEA Games 2021 akan menghadirkan olahraga catur yang bertempat di Quang Ninh Exhibition Palace of Urban Planning & Expo.

Total ada 12 atlet Indonesia yang diberangkatkan pada cabor satu ini, di mana Menpora mengharapkan para pecatur terbaik negeri bisa mendulang emas bagi tim Merah Putih.

Baca Juga

6. Futsal

Selain Catur, ada pula kompetisi Futsal yang akan dipertandingkan pada Ha Nam Gymnasium pada Selasa (10/05/22) nanti.

Di kategori ini, Indonesia hanya mengirimkan kontingen futsal putra yang terdiri dari 14 atlet. Diharapkan kontingen ini bisa meraih medali menyusul prestasinya di Piala AFF Futsal beberapa waktu lalu.

Baca Juga

7. Pencak Silat

Tanggal 10 Mei 2022, SEA Games 2021 akan terasa sibuk setelah cabor Pencak Silat bakal dipertandingkan di Bac Tu Liem Sporting Hall.

Dari Indonesia sendiri, terdapat 21 atlet yang diberangkatkan guna bersaing memperebutkan medali emas di cabor Pencak Silat.

Baca Juga

8. Kurash

Aroma SEA Games 2021 yang belum resmi dibuka kian bertambah dengan hadirnya cabor Kurash yang akan dipertandingkan di Hoai Duc District Sporting Hall pada 10 Mei 2022.

Sama seperti bola tangan pantai, tak ada satu pun atlet Indonesia yang akan bertanding pada cabang olahraga yang berasal dari Asia Tengah tersebut.

FutsalPencak SilatTimnas Indonesia U-23Loncat IndahBola TanganMulti-EventKickboxingCaturSepak BolaKurashSEA Games 2021

Berita Terkini