x

Gawat! Karena Ipswich Town, Timnas Indonesia U-23 Terancam Tanpa Elkan Baggott Selama SEA Games 2021

Sabtu, 7 Mei 2022 05:32 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
Elkan Baggott bisa saja melewatkan kampanye timnas Indonesia U-23 sepenuhnya di SEA Games 2021 akibat masih punya agenda bersama Ipswich Town.

FOOTBALL265.COM - Nama Elkan Baggott memang dimasukkan dalam daftar 20 pemain yang timnas Indonesia U-23 kirim ke SEA Games 2021 namun ada kans sang wonderkid akan melewatkan semua pertandingan Garuda Muda.

Elkan saat ini masih harus membersamai klubnya, Ipswich Town, sehingga absen ketika timnas Indonesia U-23 dikalahkan Vietnam U-23 3-0 pada pertandingan matchday pertama di Jumat (06/05/22) lalu.

Baca Juga

Hingga kini belum ada tangga pasti soal kapan pastinya Elkan bisa mendapatkan izin dari The Towns untuk terbang ke Hanoi, Vietnam, tempat SEA Games 2021 digelar.

League One atau kasta ketiga Liga Inggris yang menjadi kompetisi utama Ipswich sejatinya sudah berakhir sejak Maret namun Elkan masih punya agenda lain.

Hal itu disebabkan tenaga Elkan Baggott dibutuhkan Ipswich Town junior untuk melakoni pertandingan semi-final Professional Development League (PDL) melawan tuan rumah Coventry City di Coventry Building Society Arena, Selasa (10/05/22) mendatang. 

Baca Juga

Jadwal itu bertepatan dengan partai timnas U-23 melawan Timor Leste U-23 yang mengisi matchday kedua Grup A SEA Games 2021.

Kemungkinan Elkan bergabung bakal semakin mundur jika Ipswich U-23 menembus babak final, yang belum dijadwalkan kapan, untuk menghadapi pemenang antara Sheffield United dan Bristol City.

Baca Juga

Elkan merupakan salah satu pilar penting di skuad U-23 Ipswich dibuktikan dengan jabatannya sebagai kapten kendati baru berusia 19 tahun. 

Tidak akan mudah untuk membuatnya bergabung dengan Marc Klok dan kolega di timnas Indonesia U-23 mengingat SEA Games bukanlah kompetisi resmi FIFA yang mewajibkan tiap klub merelakan pemainnya membela negara.


1. Masih Punya Cover

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Memaksa Elkan Baggot untuk membangkang pun bukan keputusan bijak karena saat ini kariernya bersama Ipswich Town tengah menunjukkan grafik naik.

Sudah dua kali ia dipercaya untuk menjadi pemain inti di ajang League One 2021/2022 dan menjadi pemain berpaspor Indonesia pertama yang merumput di kompetisi pro Inggris.

Baca Juga

Elkan Baggott bahkan mampu membuat nirbobol pertamanya kala Ipswich Town menggulung Charlton Athletic 4-0 di pekan pamungkas League One.

Untuk saat ini timnas Indonesia U-23 tampaknya harus bersabar untuk menanti kepastian soal sang anak ajaib.

Keberadaannya jelas akan semakin mempertebal tembok pertahanan berkat postur menjulang 193 cm yang ia punya namun untuk saat ini Shin Tae-yong selaku pelatih Merah-Putih masih punya cukup opsi bek tengah.

Baca Juga

Meski kemasukan tiga gol di matchday pertama duet Fachruddin Aryanto dan Rizky Ridho masih sangat menjanjikan. Jika diperlukan, versatilitas Alfeandra Dewangga dan Rachmat Irianto pun masih bisa dijadikan cover.

Jika timnas Indonesia U-23 mampu bertahan hingga babak gugur, mungkin Elkan bisa punya kesempatan untuk bermain di SEA Games 2021.

Sebenarnya bukan hanya Elkan saja yang hingga kini masih belum bergabung dengan skuat Shin Tae-yong karena Asnawi Mangkualam pun masih terhadang izin dari klubnya, Ansan Greeners.

Baca Juga

Hanya saja Asnawi sudah punya jadwal kedatangan. Dengan ini semoga saja kans Indonesia untuk lolos dari fase grup semakin besar.

“Asnawi akan bergabung dengan kami setelah pertandingan dia tanggal 7. Elkan akan bergabung dengan kami setelah pertandingan play-off di Inggris. Dengan hadirnya dua pemain ini, saya yakin timnas Indonesia U-23 akan menjadi tim yang lebih baik lagi di SEA Games 2021,” ungkap Shin Tae-yong seperti yang dirangkum oleh GOAL.


2. Ulet, Elkan Baggott bikin Bintang Ipswich Town Angkat Topi

Elkan Baggott, pemain Timnas Indonesia.

Pemain belakang Ipswich Town, Janoi Donacien, menilai Elkan Baggott menunjukkan perkembangan yang cukup bagus dan punya peluang untuk pemain inti masa depan klub.

Elkan memang jadi salah satu pemain Ipswich yang paling banyak menyedot perhatian belakangan ini.

Ia bergabung dengan skuat senior The Town dalam satu bulan terakhir sebagai pelapis pemain senior yang sedang dibekap cedera. 

ebelumnya Elkan Baggott bermain untuk tim kelompok umur Ipswich namun karena kualitasnya sebagai kapten cukup menonjol, manajer Kieran McKenna kemudian menaikkan levelnya.

Remaja berusia 19 tahun itu kemudian mendapatkan debutnya di ajang League One atau kasta ketiga Liga Inggris tempo hari kala Ipswich Town digebuk Rotherham United 1-0.

Baca selengkapnya: Bintang Ipswich Town Puji Kemauan Belajar Elkan Baggott yang Tinggi

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaIpswich TownBola InternasionalElkan BaggottBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini