x

Gagal Salip Thailand, Vietnam Jadi Lawan Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023

Kamis, 11 Mei 2023 22:34 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Skor imbang 1-1 jadi hasil partai penentuan juara Grup B cabor sepakbola putra SEA Games 2023 antara Vietnam vs Thailand pada Kamis (11/05/23).

FOOTBALL265.COM - Skor imbang 1-1 jadi hasil partai penentuan juara Grup B cabor sepakbola putra SEA Games 2023 antara Vietnam vs Thailand pada Kamis (11/05/23).

Tambahan satu poin membuat The Golden Star Warriors harus puas menjadi runner-up kumpulan saja. Akan tetapi kelolosan tetap diraih mereka ke semifinal dengan timnas Indonesia U-22 menjadi lawan.

Partai Vietnam vs Thailand sendiri digelar di Visakha Stadium, Phnom Penh, Kamboja. Sebelum ini kedua tim sama-sama mengantongi poin sempurna  sembilan dari tiga pertandingan sebelumnya di Grup B dan hanya terpisah selisih gol saja.

Vietnam selaku peraih medali emas dalam dua edisi SEA Games terakhir (2019 dan 2021) sebenarnya lebih diunggulkan sendikit dalam duel ini namun Thailand bisa memberikan kejutan.

Hanya dalam tempo dua menit usai peluit sepak mula dibunyikan The War Elephants dapat mencuri gol cepat yang diciptakan oleh Achitpol Keereerom.

Baca Juga

Semua bermula dari kesalahan bek Luon Duy Cuong yang kehilangan bola di area berbahaya sehingga membuka jalan bagi Achitpol untuk mendapatkan gol mudah.

Vietnam mencoba untuk membalas namun usaha mereka gagal hingga jeda pergantian babak tiba. Pertahanan Thailand yang digawangi Jonathan Kheemde rupanya masih terlalu solid.

Baca Juga

Barulah pada menit ke-53 kubu merah bisa menyamakan skor. Bermula dari kemenangan Luong dalam berduel, bola kemudian diteruskan pada Le Quoc Nhat Nam yang kemudian menjadi pencetak golnya.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta setelahnya meski Thailand berulangkali mendapati mereka dalam posisi ideal untuk kembali mengubah isi papan skor.

Dengan keunggulan agresivitas gol, Thailand pun berhak menjadi juara Grup B. Mereka akan bertemu Myanmar yang menjadi runner-up Grup A sementara Vietnam menjadi jatah timnas Indonesia U-22 di semifinal SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Jadwal Semifinal SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 di SEA GAMES 2023. (Foto: PSSI)

Semifinal SEA Games 2023 untuk cabor sepakbola putra rencananya akan digelar pada Sabtu (13/05/23) mendatang.

Kebetulan partai timnas Indonesia U-22 vs Vietnam akan dimainkan lebih dulu pada pukul 16.00 WIB dan selang enam jam kemudian duel Thailand vs Myanmar dijalankan.

Olympic Stadium kali ini akan jadi venue-nya. Stadion yang sama akan digunakan sampai pada partai final dan juga perebutan juara ketiga.

Bagi timnas Indonesia U-22, fase gugur SEA Games 2023 akan jadi ujian sebenarnya bagi kemampuan mereka.

Tim asuhan Indra Sjafri tersebut dapat menjaga hasil sempurna di fase grup dengan menyapu empat laga dengan empat kemenangan.

Baca Juga

Mereka juga jadi tim dengan rekor pertahanan terbaik sejauh ini di turnamen dengan hanya sekali kemasukan. Itupun saat tengah melakukan rotasi di laga terakhir kontra Kamboja yang tidak lagi menentukan apa-apa.

Akan tetapi timnas Indonesia U-22 tidak boleh jemawa karena memang para negara kuat tidak berkumpul di Grup A melainkan Grup B.

Baca Juga

Maka dari itu menghadapi Vietnam akan jadi tes terhakiki soal seberapa solid sebenarnya performa Beckham Putra dan kolega.

Terutama dengan beratnya ekspektasi yang dibebankan publik dan juga federasi yakni untuk mengakhiri puasa medali emas SEA Games yang sudah berlangsung sejak 1991 di SEA Games 2023.

Bukan tugas mudah mengingat timnas Indonesia U-22 pun sebenarnya punya rekor yang buruk apabila harus berjumpa dengan Vietnam maupun Thailand di ajang internasional.

Baca Juga
SEA GamesVietnamThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas ThailandTimnas VietnamTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini