x

Profil dan Agama Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Muda Cetak Sejarah ke Olimpiade

Selasa, 3 Oktober 2023 21:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Rifda Irfanaluthfi saat meraih medali emas untuk Indonesia di SEA Games. Kini ia pastikan lolos ke Olimpiade 2024.

FOOTBALL265.COM - Profil dan agama Rifda Irfanaluthfi, atlet kelahiran Jakarta yang sukses mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang lolos ke Olimpiade.

Rifda Irfanaluthfi pastikan satu tiket ke Olimpiade 2024 setelah tampil apik di World Artistic Gymnastics Championships 2023 di Antwerp, Belgia, Senin (2/10/23).

Baca Juga

Rifda Irfanaluthfi meraih tiket ke Olimpiade Paris melalui jalur realokasi tuan rumah. Prancis sebelumnya telah meraih tiket lebih dulu melalui nomor beregu putri.

Berdasarkan regulasi, pesenam yang lolos ke Olimpiade adalah mereka yang menghuni 14 besar. Namun, posisi ini tidak termasuk 12 negara yang sudah meraih tiket di nomor beregu.

Pada ajang World Artistic Gymnastics Championships 2023, Rifda Irfanaluthfi sebenarnya menempati peringkat ke-52.

Hanya saja, karena pesenam dari 12 negara tidak dihitung, dan setiap negara hanya bisa mengirim satu wakilnya, maka peringkat Rifda pun naik ke posisi 15.

Baca Juga

Rifda akhirnya lolos ke Olimpiade Paris 2024 usai mendapatkan realokasi tiket Prancis yang sudah mendapatkan jatah tiket sebagai tuan rumah.

Dengan demikian, Rifda Irfanaluthfi resmi mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang akan tampil di olimpiade.

Sebelumnya, sudah ada 4 atlet Indonesia yang meraih tiket ke Olimpiade 2024, yakni Arif Dwi Pangestu (panahan), Desak Made Rita Kusuma (panjat tebing), dan Eko Yuli Irawan (angkat besi).

Tetapi Rifda Irfanaluthfi menjadi primadona karena pencapaiannya yang luar biasa di usia muda. Berikut INDOSPORT merangkum profil pesenam kebanggaan Indonesia tersebut.

Baca Juga

1. Profil dan Agama Rifda Irfanaluthfi

Atlet senam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi. Foto: Instagram@rifda_irfanaluthfi

Rifda Irfanaluthfi merupakan atlet kelahiran Jakarta, 16 Oktober 1999. Dalam waktu dekat ia akan berusia 24 tahun, dan kini menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jakarta.

Rifda Irfanaluthfi mengukir sejarah sebagai pesenam pertama Indonesia yang tampil di Olimpiade. Namun, kiprah Rifda sebenarnya sudah lama berkibar di level Asia Tenggara.

Baca Juga

Rifda Irfanaluthfi meraih medali perak cabor senam lantai di SEA Games 2015 Singapura. Dua tahun kemudian, ia pun meraih medali emas dari nomor balok keseimbangan.

Rifda Irfanaluthfi juga mendapatkan medali emas di SEA Games 2019 nomor vault, hingga kembali menyabet medali emas senam artistik nomor tunggal putri di SEA Games 2022 lalu.

Menariknya, Rifda pernah berjanji untuk jadi pesenam Indonesia pertama yang tampil di Olimpiade. Hal tersebut ia ucapkan pada Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

"Selamat untuk Rifda dan PB Persani, yang dipimpin oleh Kak Ita Yuliati," ungkap Raja Sapta Oktohari dalam rilis NOC Indonesia.

Baca Juga

"Tahun lalu, Rifda sempat datang ke Kantor NOC Indonesia. Rifda katakan pada saya ingin menjadi pesenam Indonesia pertama yang lolos Olimpiade. Dan, ia membuktikannya."

"Ini adalah kabar bahagia di tengah perjuangan atlet-atlet tim Indonesia lainnya yang tengah tampil di Asian Games," lanjut Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari.

Berikut INDOSPORT merangkum profil Rifda Irfanaluthfi.

Nama: Rifda Irfanaluthfi
TTL: Jakarta, 16 Oktober 1999
Umur: 23 tahun
Ayah: Utu Solihin
Ibu: Yulies Andriana
Agama: Islam
Pendidikan: Universitas Negeri Jakarta

Baca Juga
OlimpiadeOlimpiade 2024SenamProfil Atlet dan FotoProfil Atlet MudaprofilRifda IrfanaluthfiOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini