x

Hobi Olahraga Air? Yuk Intip Lokasi Pujaan Artis Kece Ini

Sabtu, 28 Oktober 2017 12:00 WIB
Penulis: Eronika Dwi Pinara | Editor: Galih Prasetyo

Mengawali karier di dunia presenting, apalagi untuk acara traveling, ke indahan alam Tanah Air udah pasti jadi makanan Putri Marino setiap harinya.

Pantai Wakatobi.
Baca Juga

Ditemui di The Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta beberapa waktu lalu, aktris cantik yang memulai debut aktingnya dalam film Posesif ini, membagikan 5 tempat yang enggak boleh dilewatin bagi pecinta olahraga air snorkeling dan diving. Di mana saja tempat tersebut, berikut ulasannya untuk pembaca setia INDOSPORT:

Putri Marino.

1. Banda Neira

Pulau Banda Neira.

Rekomendasi yang pertama ialah Bandanaira. Sebuah daerah di Maluku yang dijuluki Negeri Kaya Sejarah Beraroma Rempah. Wah dari julukannya saja, tempat ini sudah pasti indah bukan?

Bandanaira sendiri berasal dari nama dua pulau, yaitu Pulau Banda dan Pula Naira. Letak Ke-2 pulau ini berjarak kurang lebih 30 menit jika ditempuh dengan perahu bermotor. Selain ke-2 pulai tadi, ada 3 pulau lainnya, yaitu Pulau Ai, Pulau Run, Pulau Hatta, dan Pulau Sjahrir.

Mengutip laman National Geographic, Kepulauan Banda menjadi salah satu titik penyelaman terbaik di dunia. Saking kerennya, pulau ini pernah dinikmati oleh Lady Diana dan Pangeran Charles tahun 1980-an. Di sana kita dimanjakan dengan keindahan alam bawah laut yang memukau. Airnya yang sangat bening, bahkan hampir 30 meter ke bawah masih terlihat dengan jelas. Sebuah spot terbaik untuk penikmat olahraga bawah laut.

Di sana juga ada laut yang berada di daerah aliran lava Gunung Api. Gunung Api yang meletus tahun 1998 menghasilkan lava dan aliran yang mengalir menuju permukaan dan dasar laut, menjadikan pulau ini sangat memukau.


2. Raja Ampat

Raja Ampat.

Selanjutnya ialah Raja Ampat. Sebuah pulau yang berada di Papua ini sudah diakui di seluruh dunia dengan keindahan alam atas dan bawah laut. Tidak berbeda dengan Bandanaira, Raja Ampat merupakan sebuah pulau besar yang memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya.

4 di antaranya ialah Pulau Batanta, Pulau Waigeo, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. 4 pulau tadi merupakan yang paling direkomendasi di Raja Ampat menurut portal Rappler.

Raja Ampat juga diakui sebagai salah satu lokasi menyelam dari 10 lokasi penyelaman terbaik di dunia serta memiliki flora dan fauna yang tergolong sangat lengkap.

Dikutip dari Tempat Wisata Unik, Raja Ampat setidaknya memiliki 540 jenis karang keras, dan 700 jenis moluska. Maka 75% spesies karang yang ada di dunia berada di perairan Raja Ampat, dan tidak ada wilayah perairan yang luasnya serupa memiliki karang dalam jumlah seperti di Raja Ampat.

Raja Amat sangat cocok untuk wisatawan yang ingin melakukan snorkeling atau diving dengan sajian beragam terumbu karang yang masih terjaga keindahannya.


3. Wakatobi

Pantai Wakatobi.

Berikutnya ialah Wakatobi. Sebagian dari kalian pasti sudah tidak asing dengan yang berikut ini. Memiliki beberapa destinasi menyelam di sekitar pulau Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko, Wakatobi salah satu pilihan terbaik untuk snorkeling dan diving.

Dengan sajian laut yang bening, serta beragam karang dan ikan di seluruh Wakatobi, jadi teman menyelam yang sangat indah untuk dipandang.  

Catatan: untuk wisata di sini jangan lupa membawa katru sertifikat menyelam. Mengapa? karena di pulai ini jika ingin melakukan diving wajib memiliki kartu sertifikat menyelam.


4. Labuan Bajo

Labuan Bajo

Tempat yang pernah dijadikan salah satu lokasi syuting film Supernova menjadi destinasi selanjutnya.

Alam bawah laut timur di Tanah Air masih dikenal belum tercemar sehingga terumbu karang dan biota-biota laut masih hidup secara alami di habitat asilnya, seperti halnya Labuan Bajo. 

Labuan Bajo merupakan pintu gerbang menuju Pulau Komodo. Di Pulau Komodo tempat yang sering digunakan pengunjung untuk snorkeling atau diving ialah Pantai Pink.

Daya tarik utama pantai ini adalah hamparan pasir yang berwarna merah muda atau pink. Mengulik sedikit, warna pink disebabkan oleh fragmen-fragmen karang merah yang bercampur pasir putih. 

Selain Pulau Komodo, Labuan Bajo juga terdapat satu pantai yang tak kalah indah dengan Pulau Komodo. Pulau Kelor namanya.

Pulau Kelor memiliki keindahan bawah laut yang masih alami. Air laut yang bening, tenang, dan terumbu karang yang masih alami jadi teman perjalanan kamu saat melakukan snorkeling atau diving.

Selain buat snorkeling atau diving, pulau ini juga cocok buat yang hanya ingin sekedar berenang. Di Pulau Kelor bisa bebas menyelam tanpa khawatir terbawa arus yang deras, serta ditemani dengan keindahan ikan warna-warni selama menyelam.


5. Bali

Pantai Bali.

Terakhir sepertinya tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Bali sudah dikenal dengan ribuan pantai-pantainya. Tempat nomor 1 yang dipilih turis mancanegara ini, bukan hal yang baru untuk soal wisata air, seperti Pantai Kuta, Tanah Lot, Pantai Padang Padang, dan lain sebagainya. Jadi untuk yang satu ini, sepertinya bukan tempat wisata yang asing di telingga masyarakat Indonesia.  

Putri Marino

Berita Terkini