MotoGP

MotoGP Mandalika 2021: Peletakan Batu Pertama hingga Naiknya Anggaran

Kamis, 26 September 2019 18:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

FOOTBALL265.COMSirkuit Mandalika dilaporkan telah mengalami kenaikan anggaran untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang kejuaraan balap motor MotoGP 2021.

Anggaran untuk Mandalika telah meningkat dari Rp18,8 miliar menjadi Rp1,9 triliun pada tahun 2020, untuk membangun sejumlah fasilitas penunjang seperti fasilitas pendidikan dan pelatihan serta pengembangan akomodasi pekerja wisata untuk pembebasan lahan.

Melansir dari laman Gapura Bali, Pemerintah Pusat telah mulai memperbesar jalan utama dari Bandara Internasional Lombok ke Mandalika dan akan membangun dermaga kapal pesiar dan terminal peti kemas di pelabuhan Gili Mas.

Selain itu, salah satu inisiatif pemerintah adalah perbaikan dan peningkatan sekitar 240 rumah melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di desa Anyar, Kuta, Mertak, Sukanda, Sengkol dan Rembitan.

Program BSPS diharapkan dapat meningkatkan kualitas perumahan di 198.500 unit serta pembangunan 8 ribu unit baru pada 2019 dengan anggaran lebih dari Rp2,25 triliun.

Pemerintah juga telah meningkatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dari Rp 1,7 triliun pada 2019 menjadi Rp 9,35 triliun pada 2020.

Di sisi lain, Bupati Lombok Tengah, H. Moh. Suhaili juga telah mengumumkan rencana untuk Presiden Jokowi, bersama dengan Dorna Sports, untuk melakukan upacara peletakan batu pertama untuk proyek MotoGP pada bulan Oktober.

Gapura Bali melaporkan awal tahun ini bahwa Dorna Sports dan Perusahaan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) telah menandatangani perjanjian lima tahun untuk membangun sirkuit jalan MotoGP pertama di dunia di Mandalika.

Sebuah proyek yang diharapkan akan secara signifikan meningkatkan pariwisata dan investasi ke daerah tersebut. Baru-baru ini tersiar kabar bahwa nilai investasi untuk proyek Mandalika secara keseluruhan lebih dari 1 miliar dollar Amerika selama periode 15 tahun.