MotoGP

Patrick Pons dan Michel Rougerie, 2 Legenda MotoGP yang Tewas Berurutan

Kamis, 3 Desember 2020 12:13 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo MotoGP. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo MotoGP.

FOOTBALL265.COM - Salah satu cerita yang tak terlupakan dari MotoGP ialah bagaimana dua pembalap yakni Patrick Pons dan Michel Rougerie yang ditakdirkan meninggal secara berurutan.

Banyak pembalap MotoGP yang mengalami kecelakaan dan berujung kematian setidaknya sejak 1949 lalu, termasuk Marco Simoncelli. Dibandingkan dengan ajang balap lainnya seperti Formula 1 (F1) pembalap MotoGP memang lebih berisiko mengalami kecelakaan fatal.

Hingga April 2020 lalu, setidaknya ada 30 pembalap motor kelas bergengsi atau MotoGP yang kehilangan nyawanya karena kecelakaan.

Hal itu mendorong Federasi  Balap Motor Internasional (FIM) dan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP kini makin memaksimalkan alat proteksi dini agar kecelakaan fatal berujung kematian bisa dikurangi.

Berbeda dengan masa kini, pembalap-pembalap motor kelas bergengsi atau yang sekarang dikenal dengan MotoGP tak terlau beruntung karena tingkat perlindungan mereka sebagai pembalap tak semaju sekarang.

Beberapa tragedi kecelakaan yang membawa maut terjadi pada dua pembalap yakni Patrick Pons dan Michel Rougeri. Kedua kecelakaan pembalap MotoGP itu saling terkait hingga keduanya sama-sama meninggal dalam kecelakaan dengan jarak waktu berdekatan.

Lantas bagaimana kecelakaan keduanya saling terkait dan kematian yang terjadi dalam rentang waktu yang tak terlalu jauh? Berikut INDOSPORT sajikan rangkumannya.