In-depth

Kerpen-Manheim, Tempat Bersejarah Michael Schumacher Akan Rata dengan Tanah

Jumat, 7 April 2023 21:24 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Charles Coates/Getty Images/dw.com
Michael Schumacher (kanan) pernah punya cerita di Kerpen-Manheim. Foto: Charles Coates/Getty Images/dw.com. Copyright: © Charles Coates/Getty Images/dw.com
Michael Schumacher (kanan) pernah punya cerita di Kerpen-Manheim. Foto: Charles Coates/Getty Images/dw.com.

FOOTBALL265.COM - Kabar tidak menyenangkan datang dari tempat legenda Formula 1 (F1), Michael Schumacher, tumbuh, yakni Kerpen-Manheim di Jerman.

Menurut kabar yang beredar, termasuk diwartakan laman gpfans.com, tempat tersebut akan segera rata dengan tanah untuk pembangunan sebuah proyek.

Adalah tambang batubara terbuka yang kabarnya akan dibangun di sana. Alhasil, bangunan-bangunan yang ada di area tersebut harus ‘dilenyapkan’.

Mesin-mesin penggali (excavator) diprediksi akan berada di sana tahun depan untuk meratakan isi kota, kecuali tiga bangunan.

Beruntung, rumah masa kecil Michael Schumacher kabarnya akan dipertahankan. Sementara itu, dua bangunan lainnya adalah gereja dan trek go-kart.

Dengan demikian, para penikmat dan penggemar Formula 1 (F1) masih bisa melakukan napak tilas di Kerpen-Manheim dan mengunjungi rumah masa kecil Schumi.

Lintasan go-kart di Erftlandring pun masih bisa dikunjungi. Di tempat bersejarah inilah seorang Schumi mengasah kemampuan balapnya hingga jadi legenda besar.

Sebelumnya, tempat ini juga nyaris dihancurkan, juga untuk proyek tambang batubara. Akan tetapi, dalam pemberitaan tahun 2020, Erftlandring berhasil dipertahankan.

Rencana itu berhasil digagalkan berkat usaha dan perjuangan para aktivis lingkungan, yang begitu ngotot mempertahankan area Hutan Hambach dan sekitarnya.

Go-kart sendiri memang sangat berarti bagi Michael Schumacher. Ia untuk pertama kalinya menjajal olahraga ini saat usia empat tahun, bahkan pernah menabrak tiang lampu.