x

Makna Julukan Rider MotoGP: Dari Rossifumi hingga X-Fuera

Kamis, 1 Juni 2017 06:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi, dan Marc Marquez.

Layaknya para atlet top dunia, para pembalap MotoGP juga menyandang nama julukan masing-masing. Dari mulai gelar nyeleneh hingga kata-kata yang dikarang sendiri, julukan ini menjadi ciri khas yang melekat pada setiap pembalap.

Julukan-julukan ini tak hanya dipakai untuk terdengar keren, tetapi memang memiliki makna yang berarti dalam oleh setiap pembalap ini. Mungkin yang paling familiar adalah julukan populer seperti The Doctor dan Baby Alien.

Namun sudahkan Anda tahu makna di balik julukan para pembalap tersebut? Berikut INDOSPORT sajikan beberapa kisah menarik di balik nama-nama julukan unik para pembalap MotoGP.


1. The Little Spaniard

Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Dani Pedrosa mendapat julukan The Little Spaniard berdasarkan profil tubuhnya. Hanya bertinggi badan 158 cm, Pedrosa terbilang mungil untuk seorang atlet dan tampak tak sebanding dengan ukuran motornya. Namun ternyata, ukuran tubuhnya bukanlah halangan ia menjadi pembalap MotoGP ternama.

Ia membuktikan bahwa ia pantas menjadi juara dengan memperoleh setidaknya satu kemenangan dalam 16 musim balap berturut-turut. Sementara kata "Spaniard" menunjukkan identitasnya sebagai pria asal Spanyol.


2. The Maniac

Pembalap Suzuki, Andrea Iannone.

Andrea Iannone memiliki julukan yang kerap berganti. Sapaan pertamanya ia dapat saat balapan Moto2 di Misano pada 2010. Ia mengenakan helm yang terinspirasi dari tokoh Incredible Hulk dan menuliskan julukan "The Incredible Ianhulk".

Setahun kemudian, ia mengenakan julukan Crazy Joe yang berasal dari pemberian teman-temannya karena agresivitas dan manuver balapannya yang mengagumkan. Pada 2012, ia menggantinya dengan The Maniac Joe. Namun saat balapan di Mugello, pembalap Suzuki ini juga mendapat julukan Joe The Firefighter karena mengenakan warna yang identik dengan pembalap kebakaran.


3. The Honey Badger

Pembalap tim LCR Honda, Cal Crutchlow, saat jalani latihan di Valencia.

The Honey Badger atau Sang Ratel adalah julukan dari pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Ratel sendiri adalah hewan yang mirip cerpelai, pemakan daging dan hidup di Afrika dan Asia Selatan.

"Saya dulu dijuluki The Dog, tetapi ratel adalah hewan paling berani di dunia, lebih berani daripada anjing tentunya. Ia lugu, tetapi selalu dalam masalah," tuturnya kepada Mirror.

Selain julukan nama hewan, Cal juga pernah disebut Barry Sheene yang baru, berdasarkan kemampuannya yang mendekati legenda balap Inggris itu.


4. Top Gun

Pembalap Spanyol, Maverick Vinales.

Predikat Top Gun untuk Maverick Vinales sudah ditakdirkan saat ia dilahirkan. Sang ayah menamainya dari nama panggilan tokoh utama dalam film berjudul Top Gun, yakni Pete 'Maverick' Mitchell yang seorang pilot pesawat American F14 Tomcat.

“Kami sangat kagum ketika mereka menjalankan uji coba di Valencia. Ia langsung merasa nyaman dengan lingkungan barunya. Julukan Top Gun sangat cocok untuknya. Saya juga salut dengan tim mekanik yang ia miliki. Mereka mampu beradaptasi dengan motor tim,” sanjung Direktur Olahraga Yamaha, Lin Jarvis kepada Speedweek.


5. Rossifumi hingga The Doctor

Valentino Rossi.

Lebih dari 20 tahun berkecimpung di dunia balap motor, Valentino Rossi memiliki sederet julukan yang menempel dalam dirinya. Dimulai dari Rossifumi yang menjadi panggilan pertamanya karena rasa kagumnya pada para pembalap Jepang, terutama Norifumi Abe.

Lalu sebelum ia menjuarai balap motor 500 cc, ia juga mendapat julukan Valentinik. Ini berasal dari komik strip Donal Bebek, yang dalam Bahasa Italia disebut Paperino. Dalam cerita, ia berubah menjadi Donal Super, atau Paperinik. Namun meski disebut pahlawan, Paperinik tak selalu beruntung tetapi disukai banyak orang. Itulah asal nama Valentinik.

Julukan paling populer sudah pasti The Doctor. "Itu seperti punya gelar Ph.D di dunia balap, sesuatu yang positif dan bermakna orang itu tahu apa yang ia lakukan," jelas Rossi tentang julukan ini.


6. X-Fuera

Pembalap andalan Ducati, Jorge Lorenzo.

Jorge Lorenzo memilih julukan X-Fuera. Dalam Bahasa Spanyol, panggilan itu secara harafiah bermakna "sisi luar". Ia pun berkisah maksud di balik julukan ini.

"Kemenangan pertama saya dapat pada 2003 di 125 cc GP Brasil. Saya mendahului Dani Pedrosa dan Casey Stoner dari sisi luar, jadi dalam Bahasa Spanyol, sisi luar artinya Por Fuera. Jadi logo saya adalah Por Fuera. X untuk Por dan lingkaran untuk simbol Fuera," terang Lorenzo dalam wawancara dengan Motorcycle USA.


7. Baby Alien

Marc Marquez saat babak kualifikasi di GP Argentina.

Julukan Baby Alien melekat pada Marc Marquez sebagai pujian atas keberhasilannya dalam dunia balap MotoGP dengan usia yang terbilang sangat muda. Pembalap Spanyol ini tercatat sebagai pembalap termuda yang menjadi juara dunia MotoGP, yakni pada usia 20 tahun dan 63 hari, mengalahkan rekor Freddie Spencer yang bertahan selama 30 tahun.

Ia juga memenangkan gelar juara dunia secara beruntun, yakni pada 2013 dan 2014. Dengan skill yang dinilai bukan seperti manusia biasa itu di umur yang masih muda, rasanya pantas saja Marquez menyandang julukan tersebut.

Marc MarquezValentino RossiJorge LorenzoMotoGPAndrea IannoneMaverick VinalesMotoGP 2017

Berita Terkini