x

Hasil Free Practice 1 dan 2 MotoGP Jerman: Banyak Drama

Sabtu, 1 Juli 2017 07:49 WIB
Editor: Gregah Nurikhsani Estuning
Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman.

Sesi latihan bebas (free practice) 1 dan 2 MotoGP Jerman di trek Sachsenring, Jumat (30/01/17) selesai dan menyisakan sejumlah kejutan serta catatan impresif. Mulai dari kendala Valentino Rossi sampai pada keunggulan absolut Hector Barbera atas juara dunia bertahan, Marc Marquez.

Free practice (FP) 1 sempat diawali dengan keberhasilan Pol Espargaro merebut tempat terbaik dari Cal Crutchlow. Namun Marquez kemudian mengambil alih dominasi waktu, sementara Rossi yang dilanda masalah mekanikal berada di posisi 7.

Baca juga:

The Doctor lalu sempat memperbaiki catatan waktunya dan naik ke posisi lima besar, bahkan berhasil menguntit Marquez di 45 menit terakhir. Sayang, kendala mekanik yang dialami mesin YZR-M1 yang ditungganginya membuat catatan waktunya tak konsisten dan melorot di pos 16.

Menariknya, Marquez hampir mengalami kondisi serupa. Di catatan final, pembalap asal Spanyol itu turun dan menempati peringkat 6. Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Daniel Pedrosa diam-diam menyabet posisi tiga besar di FP 1 ini.

Hasil FP 1 MotoGP Jerman

Beralih ke FP 2, hujan deras yang tiba-tiba turun membuat sesi latihan ini dihentikan sementara waktu. Bendera merah dikibarkan karena trek benar-benar berbahaya jika dipaksakan menggelar latihan bebas.

Ini tentu saja membuat pembalap beserta staf tim harus kembali beradaptasi dengan kondisi baru. Padahal sebelumnya di FP 1 mereka sudah diberikan waktu sekitar 10 menit untuk menjajal trek baru Sachsenring yang dipoles aspal baru.

Hector Barbera melesat cepat di awal-awal FP 2, namun mendekati pertengahan, performanya menurun. Hal ini dimanfaatkan oleh Pedrosa yang menyalip ke posisi teratas berkat catatan waktu terbaik.

Nasib apes menimpa Rossi yang tak bisa berbuat banyak di dua sesi latihan bebas ini. Selain karena terkendala masalah mekanikal, akibat hujan deras yang melanda Jerman membuat visibilitas atau jarak pandang berkurang, sehingga sedikit banyak membuat performa The Doctor tak maksimal.

Hasil FP 2 MotoGP Jerman
Rossi mendulang hasil mengecewakan di FP 1 dan 2 MotoGP Jerman.
Andrea Dovizioso.
Marc Marquez.
 
MotoGPMotoGP JermanMotoGP 2017

Berita Terkini