x

Buat Ulah Lagi, Marc Marquez Dihukum Turun 3 Posisi di Start MotoGP AS

Minggu, 22 April 2018 05:25 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda sekaligus juara bertahan MotoGP, Marc Marquez, harus rela start dari posisi ke-4 pada gelaran MotoGP AS lantaran aksi tak terpuji dirinya di babak kualifikasi. Sejatinya, Marquez berhasil merebut pole position di babak kualifikasi MotoGP AS tersebut. 

Baca Juga

1. Mencatatkan Waktu Tercepat

Marc Marquez di sesi kualifikasi MotoGP AS.

Marquez berhasil merebut start terdepan usai menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 menit 3,658 detik. Pembalap asal Spanyol itu mengungguli Vinales yang ada di peringkat ke-2 dengan selisih 0, 406 detik dan peringkat ke-3, Andrea Iannone, dengan selisih 0,551. 

Sementara itu, pesaing utama Marquez musim lalu, Andrea Dovizioso, hanya mampu berada di pole ke-8. Sedangkan pembalap yang akhir-akhir ini terlibat konflik dengan Marquez, Valentino Rossi, berada tiga strip di atas Dovizioso. 


2. Insiden dengan Vinales

Marco Vinales (kiri) dan Marc Marquez (kanan)

Namun, sebuah insiden yang melibatkan dirinya dengan Maverick Vinales membuyarkan segalanya. Marc Marquez dianggap berjalan terlalu lambat dan menghalangi laju Vinales. Vinales pun tampak kesal dengan Marquez jelang akhir kualifikasi MotoGP AS. Vinales murka karena Marquez menghalangi jalannya saat berusaha mencatatkan waktu lap terbaik.

Stewards dari Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) yang langsung menginvestigasi insiden tersebut segera memberikan keputusan bahwa pembalap asal Spanyol tersebut bersalah dan mesti menerima hukuman penurunan posisi sebanyak tiga grid. Itu artinya, posisi Marquez yang tadinya ada di peringkat satu, harus rela melorot ke peringkat empat.


3. Start di Posisi 4

Valentino Rossi start di posisi ke-5 dalam balapan MotoGP Amerika Serikat.

Dengan menghitung hukuman dari FIM ini, maka secara beruntun, posisi pertama hingga 10 ditempati oleh Maverick Vinales, Andrea Iannone, Johan Zarco, Mark Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Dani Pedrosa dan Danilo Petrucci. 

Insiden yang melibatkan Marquez sendiri tak hanya terjadi sampai di situ. Di babak kualifikasi ini Marquez sempat terjatuh dari motornya di tikungan ke-13. Beruntung, The Baby Alien dapat meneruskan sesi kualifikasi. 

Marc MarquezMotoGPAndrea DoviziosoMaverick VinalesMotoGP 2018

Berita Terkini