x

Balapan F1 GP Bahrain: Lewis Hamilton Taklukkan Max Verstappen

Senin, 29 Maret 2021 00:19 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
Pembalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, merayakan bersama tim setelah memenangi balpan GP Bahrain di Bahrain International Circuit, Sakhir, Minggu (28/3/2021).

FOOTBALL265.COM - Bahrain International Circuit di Sakhir menjadi saksi kehebatan pembalap Mercedes AMG Petronas Formula One Team, Lewis Hamilton. Pembalap Inggris tersebut memenangi seri pertama Formula 2021, GP Bahrain, Minggu (28/3/2021).

Insiden sudah terjadi pada lap pertama dari total 56 pada balapan ini. Nikita Mazepin dari tim Haas mengalami masalah dengan salah satu ban mobilnya, dan harus berhenti dari balapan. Safety Car (SC) masuk ke lintasan.

SC meninggalkan lintasan pada akhir lap ketiga dan balapan dilanjutkan dengan Max Verstappen memimpin, diikuti Lewis Hamilton dan Charles Leclerc.

Memasuki lap ke-10, Verstappen dan Hamilton mulai membuka jarak dengan pembalap di posisi ketiga yang sudah ditempati Valtteri Bottas (Mercedes).

Baca Juga
Baca Juga

Pada lap ke-18, Verstappen masuk pit untuk mengganti ban. Red Bull Racing memakai strategi dua kali pit-stop. Kembali ke lintasan, Verstappen berada di urutan kedua, di belakang Hamilton, yang lebih dulu melakukan pit.

Hamilton memimpin 6,6 detik di depan Verstappen. Pada lap ke-28, jarak kedua pembalap menjadi skitar 2 detik. Pada lap berikutnya, Hamilton meninggalkan posisi pertama di lintasan dan masuk pit. Kembali ke lintasan, dia berada di urutan ketiga, di belakang Verstappen dan Bottas.

Hamilton kembali ke posisi kedua setelah Bottas melakukan pit-stop pada lap ke-31. Perlahan namun pasti, sang juara bertahan makin mendekati Verstappen dan persiangan ketat pun berlanjut.

Baca Juga
Baca Juga

Fernando Alonso, yang kembali balapan setelah pensiun dua tahun, harus mengakhiri balapan lebih awal, tepatnya pada lap ke-34. Juara dunia dua kali tersebut mengalami masalah dengan rem belakang.


1. Ketat Sampai Finis

Pembalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, merayakan bersama tim setelah memenangi balpan GP Bahrain di Bahrain International Circuit, Sakhir, Minggu (28/3/2021).

Pada lap ke-40 Verstappen kembali masuk pit. Dengan ban baru, mampukah dia bersaing dan finis di posisi pertama? Dia kini berada di posisi kedua, 8,6 detik di belakang Hamilton yang sudah memakai ban-nya sebanyak 12 lap.

Sepuluh lap terakhir, Hamilton hanya unggul 4,8 detik atas Verstappen. Hamilton menginfokan ke tim bahwa dia sudah maksimal dan tidak bisa lebih cepat lagi.

Jarak keeduanya semakin dekat. Pada lap ke-49 atau delapan lap terakhir, jarak keduanya tinggal 2,4 detik. Dengan ban yang semakin habis, posisi Hamilton benar-benar jauh dari kata aman.

Baca Juga
Baca Juga

Memasuki lap-lap terakhir, Hamilton semakin mengalami kesulitan. Pada lap terakhir, jarak keduanyanya hanya 0,9 detik dengan Hamilton masih memimpin.

Akhirnya Hamilton berhasil mempertahankan posisinya hingga garis finis dan mencatat kemenangan perdananya musim ini. Verstappen finis di urutan kedua dengan rasa kecewa.

Barikut hasil lengkap balapan GP Bahrain.

1 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula One Team 56 Laps
2 Max Verstappen NED Red Bull Racing + 0.745s
3 Valtteri Bottas FIN Mercedes AMG Petronas Formula One Team + 37.383s
4 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 46.466s
5 Sergio Perez MEX Red Bull Racing + 52.047s
6 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 59.090s
7 Daniel Ricciardo AUS McLaren F1 Team + 66.004s
8 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 67.100s
9 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 85.692s
10 Lance Stroll CAN Aston Martin Cognizant Formula One Team + 86.713s
11 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 88.864s
12 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 1 lap
13 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 1 lap
14 Sebastian Vettel GER Aston Martin Cognizant Formula One Team + 1 lap
15 George Russell GBR Williams Racing + 1 lap
16 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 1 lap
17 Nicholas Latifi CAN Williams Racing + 1 lap
18 Mick Schumacher GER Uralkali Haas F1 Team + 1 lap
DNF Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team 33 laps
DNF Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Team 0 laps

Lewis HamiltonFernando AlonsoValtteri BottasMax VerstappenFormula 1F1 GP BahrainFormula 1 2021

Berita Terkini