x

Selain Mandalika, Berikut 5 Sirkuit MotoGP Terbaik di Dunia

Selasa, 7 September 2021 14:27 WIB
Editor: Juni Adi
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

FOOTBALL265.COM - Mimpi masyarakat Indonesia untuk bisa menyaksikan balapan motor paling bergengsi di dunia, MotoGP, akhirnya tidak lama lagi akan segera terwujud.

Pasalnya Indonesia telah membangun sirkuit internasional untuk MotoGP di Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sejauh ini progres pembangunan sudah mencapai 80 persen lebih. Pekerjaan difokuskan untuk pengaspalan lintasan terlebih dahulu. 

Aspal lintasan utama sirkuit Mandalika yang berlokasi di Lombok Tengah, NTB, sudah selesai seratus persen. Sirkuit sudah tersambung dengan sangat rapi dari Tikungan 1 hingga Tikungan 17.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara fasilitasn pendukunglainnya akan segera dituntaskan, dengan target selesai pada akhir bulan ini (September).

Jika semua pekerjaan rampung sesuai jadwal, maka sirkuit Mandalika sudah bisa digunakan untuk menggelar balapan setidaknya mulai November mendatang. 

Sejatinya pemerintah Indonesia menargetkan rampung di tahun 2021 ini, untuk segera masuk dalam daftar tuan rumah MotoGP 2021. Namun karena pandemi covid-19 yang masih melanda Tanah Air, membuat aktivitas pembangunan harus terkendala.

Kendati belum bisa menggelar balapan di tahun 2021, namun pihak Dorna Sports sudah memasukan Indonesia dalam kalender tes pramusim MotoGP 2022, yang akan dilaksanakan pada 11-13 Februari 2022 mendatang.

Sirkuit Mandalika yang berkonsep sirkuit jalan raya ini juga diakui oleh Dorna Sports sebagai salah satu sirkuit terbaik dan indah di dunia. Selain Sirkuit Mandalika, berikut beberapa sirkuit MotoGP terbaik di dunia:


1. Sirkuit Losail Internasional (Qatar)

Sirkuit Losail,Qatar.

Sirkuit Losail Internasional di Qatar merupakan salah satu sirkuit yang paling spesial di ajang balap motor MotoGP. Hal itu dikarenakan sirkuit Losail kerap dijadikan venue pembuka musim balapan MotoGP.

Sirkuit ini mulai dijadikan sebagai sirkuit MotoGP sejak tahun 2014, sampai saat ini sirkuit ini masih aktif dan masih menjadi sirkuit pembuka.

Jika umumnya balapan MotoGP dimulai pada pagi hari, namun pada sirkuit ini balapan MotoGP dimulai pada malam hari. Hal tersebut dikarenakan suhu dan cuaca di wilayah Qatar yang begitu panas.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan panjang lintasan 5.4 km, sirkuit ini memiliki tikungan sebanyak 16 tikungan. Terdiri dari 10 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri.

Marc Marquez adalah rider MotoGP tercepat yang berhasil mencatat rekor waktu 1.53.380 pada di sirkuit GP Qatar ini.

Sedangkan Valentino Rossi berhasil menjuarai ajang balapan MotoGP pada sirkuit ini sebanyak 4 kali, jumlah yang sama dengan pencapaian rivalnya, Casey Stoner.

2. Sirkuit de Jerez (Spanyol) 

Sirkuit yang satu ini didirikan di tahun 1986, dan satu tahun kemudian sudah menjadi salah satu sirkuit yang menggelar ajang balapan MotoGP.

Sirkuit Jerez yang terletak di Spanyol ini merupakan salah satu sirkuit terpopuler lantaran sebagian besar rider MotoGP sendiri berasal dari Spanyol.

Sirkuit ini memiliki panjang 4.4 km dengan tikungan ke kiri sebanyak 6 tikungan, dan tikungan ke kanan sebanyak 8 tikungan, sehingga total tikungan pada sirkuit ini ada 13 tikungan.

Fabio Quartararo adalah rider MotoGP asal Prancis yang berhasil mencatat rekor tercepat dengan waktu 1.36.880, saat itu masih bersama tim Yamaha Petronas SRT.

Valentino Rossi sendiri pernah menjuarai ajang MotoGP di sirkuit ini sebanyak 7 kali, sedangkan Jorge Lorenzo sebanyak 6 kali.

3. Sirkuit Mugello (Italia)

Sejak tahun 1976 sirkuit asal Italia ini sudah menjadi tuan rumah ajang balapan MotoGP, dan di tahun 1988 Mugello telah dibeli oleh perusahaan ternama yakni Ferrari.

Meskipun begitu, sampai saat ini sirkuit Mugello tetap menjadi salah sirkuit MotoGP terbaik di dunia. Dengan panjang 5.2 km, sirkuit ini memiliki 9 tikungan ke kanan, dan tikungan ke kiri sebanyak 6 tikungan.

Selain itu, dengan trek lurus hingga 1.1 km dan lebar 19 meter, tentu bisa lebih meningkatkan keseruan dalam ajang balap motor MotoGP.

Marc Marquez berhasil mencatat rekor lap tercepat dengan waktu 1.45.519, sedangkan Valentino Rossi masih menjadi pembalap dengan kemenangan terbanyak pada sirkuit ini, yaitu 7 kali kemenangan.

4. Sirkuit Sachsenring (Jerman)

Sachsenring berdiri sejak tahun 1996, dan pertama kali digunakan sebagai lintasan MotoGP di tahun 1998. Sirkuit ini dikenal sebagai sirkuit yang mempunyai banyak tikungan yang cukup sempit.

Panjang Sachsenring hanya sekitar 3.7 km, dimana ukuran tersebut tergolong cukup pendek. Memiliki tikungan ke kiri sebanyak 10 tikungan dan 3 tikungan ke kanan.

Lebarnya tidak selebar Mugello, sirkuit ini hanya memiliki lebar 12 meter dan 700 meter untuk panjang trek lurusnya.

Catatan waktu tercepat pada sirkuit yang satu ini berhasil dipecahkan oleh Marc Marquez di tahun 2018, yaitu 1.20.270. Selain itu, Marc Marquez juga merupakan rider yang memiliki kemenangan terbanyak pada lintasan ini, yaitu 7 kali kemenangan.

Baca Juga
Baca Juga

5. Sirkuit Twin Ring Motegi (Jepang)

Motegi adalah sirkuit milik negara Jepang yang dibuat oleh Honda dan mulai ikut ambil peran sebagai lintasan MotoGP sejak tahun 1999.

Rider tercepat pada lintasan yang satu ini adalah Jorge Lorenzo pada tahun 2015 dengan waktu 1.43.790, saat itu menggunakan motor dari pabrikan Yamaha.

MotoGPTRIVIASirkuit MandalikaMotoGP 2021

Berita Terkini