x

Ada WSBK dan MotoGP di Mandalika, Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih

Selasa, 19 Oktober 2021 01:02 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
Perkembangan pembangunan Sirkuit Mandalika.

FOOTBALL265.COM - Sirkuit Mandalika sebentar lagi akan menggelar dua hajatan besar yakni World Superbike (WSBK) dan MotoGP. Sayangnya meski berstatus tuan rumah, namun bendera Indonesia dilarang berkibar di event bergensi tersebut.

Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal menjadi saksi hajatan terbesar di dunia balapan yakni WSBK dan MotoGP.

Jika tak molor dari jadwal, kabarnya dua event tersebut akan mulai berlangsung di Sirkuit Mandalika pada akhir bulan ini dan pertengahan tahun depan.

Baca Juga
Baca Juga

Untuk gelaran WSBK, rencananya akan mulai bergulir pada 19-21 November 2021. Sementara untuk MotoGP dijadwalkan berlangsung pada Februari 2022 untuk sesi pre-test.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara untuk jadi tuan rumahnya, sesuai dengan bocoran kalender MotoGP akan mulai digelar pada 13 atau 20 Maret 2022.

Meski sebentar lagi Sirkuit Mardalika akan tercatat dalam buku sejarah tanah air, namun ada kabar kurang sedap dimana bendera Indonesia dilarang berkibar di event bergensi tersebut.


1. Larang Kibarkan Bendera Merah Putih

Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

Sirkuit Mardalika sebentar lagi akan menggelar dua hajatan besar yakni  WSBK dan MotoGP. Sayangnya meski berstatus tuan rumah, namun bendera Indonesia dilarang berkibar di event bergensi tersebut.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengkonfirmasi kabar tersebut. Bahwa bendera Indonesia tidak akan berkibar di Sirkuit Mandalika saat ada hajatan besar yakni WSBK dan MotoGP.

Larangan mengibarkan bendera akan mencakup saat upacara podium maupun di semua aspek lain. Indonesia diharapkan mematuhi aturan tersebut.

Tak hanya berlaku bagi Indonesia, regulasi tersebut juga akan diterapkan di Thailand yang juga menggelar hajatan yang sama.

“Bendera negara tidak akan dikibarkan di kejuaraan regional, kontinental atau dunia, atau acara yang diselenggarakan oleh Major Event Organizer selain di Olimpiade dan Paralimpiade,” bunyi WADA melansir dari Crash net.

“Konsekuensi ini akan segera berlaku untuk setiap atlet/pebalap dan/atau tim Thailand/Indonesia yang berpartisipasi dalam salah satu kejuaraan akan berlangsung (WSBK dan MotoGP),”

Kendati demikian, WADA masih mengijinkan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan pada dua acara tersebut.

"Konsekuensinya tidak berlaku untuk lagu kebangsaan,” jelas WADA.

IndonesiaMotoGPSirkuit MandalikaBerita MotoGPWorld Superbike (WSBK)

Berita Terkini