x

Hasil F1 GP Bahrain: Leclerc Juara, Ferrari Finis 1-2, Verstappen Gagal Finis

Minggu, 20 Maret 2022 23:58 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut hasil F1 GP Bahrain yang jadi seri pembuka Formula 1 2022. Charles Leclerc dan Carlos Sainz bawa Ferrari finis 1-2, Max Verstappen gagal finis. (Dan Istitene - Formula 1/Formula 1 via Getty Images)

FOOTBALL265.COM – Berikut hasil F1 GP Bahrain yang jadi seri pembuka Formula 1 2022. Charles Leclerc dan Carlos Sainz bawa Ferrari finis 1-2, Max Verstappen gagal finis.

Setelah akhir musim lalu yang terbilang dramatis, Formula 1 akhirnya menggelar musim baru yakni F1 2022. GP Bahrain menjadi yang digelar akhir pekan ini menjadi seri pembuka.

Baca Juga

Di sesi kualifikasi yang digelar Sabtu (19/03/22) malam WIB, Ferrari membuat kejutan dengan menempatkan Charles Leclerc di pole position dan Carlos Sainz di posisi ketiga.

Keduanya berselang-seling dengan duo Red Bull, Max Verstappen dan Sergio Perez yang menempati posisi kedua dan keempat.

Sementara itu, juara dunia F1 7 kali yakni Lewis Hamilton (Mercedes) harus puas menempati posisi start kelima.

Baca Juga

Menempati pole position, Charles Leclerc mengawali balapan dengan baik. Selepas start, pembalap asal Monaco itu berhasil mempertahankan posisi terdepan.

Memasuki lap kedua, Lewis Hamilton sudah naik ke posisi 4 menggusur Perez sementara Kevin Magnussen (Haas) naik dari posisi 7 ke posisi 5.

Di barisan depan, Verstappen terus menekan Leclerc, tapi andalan Ferrari itu mampu mempertahankan posisinya.

Baca Juga

Memasuki lap kelima belas, kedua pembalap tersebut sama-sama masuk pit dan keluar menggunakan ban tipe lunak (soft).

Dua lap kemudian, persaingan panas kembali terjadi dengan Verstappen sempat mengambil alih pimpinan lomba, tapi langsung direbut lagi oleh Leclerc.


1. Verstappen Out

Pembalap tim Scuderia Ferrari, Carlos Sainz. (Joao Beato/Pool via Getty Images)

Lap ke-19, Verstappen kembali bersaing ketat dengan Leclerc dan mencoba mendahului di tikungan pertama tapi pembalap Ferrari tersebut bisa  mempertahankan posisinya.

Charles Leclerc masih terus memimpin lomba saat ia keluar dari pitstop keduanya di lap ke-32, alias 1 lap setelah Verstappen mengambil pitstop kedua.

Baca Juga

Sementara itu, di belakang keduanya, Carlos Sainz, Sergio Perez, dan Lewis Hamilton masih menempati posisi 5 besar.

Yuki Tsunoda (Scuderia AlphaTauri) berhasil mendahului Fernando Alonso (Alpine) untuk merangsek ke dalam 10 besar.

Di lap ke-44, Verstappen dan Perez sama-sama memasuki lap untuk berganti ban baru dengan masih menggunakan tipe soft.

Baca Juga

Safety car memasuki lintasan di lap ke-46 setelah mobil Pierre Gasly (Scuderia AlphaTauri) tampak mengeluarkan api dari bagian belakang mobilnya yang segera dipadamkan para marshall.

Safety car akhirnya meninggalkan lintasan pada lap ke-51. Leclerc masih tetap berada di posisi terdepan, sementara Sainz yang berada di posisi ketiga menempel ketat Verstappen.

Tiga lap kemudian, Carlos Sainz akhirnya berhasil menyalip Verstappen yang tampak mengalami kesulitan, untuk membawa Ferrari menempati posisi 1-2.

Baca Juga

Max Verstappen akhirnya memutuskan kembali ke pit dan tak melanjutkan lomba akibat mobilnya mengalami masalah. Sementara itu, Lewis Hamilton naik ke posisi ketiga setelah Sergio Perez melintir di tikungan pertama.

Charles Leclerc akhinya menutup F1 GP Bahrain ini sebagai pemenang, diikuti rekan setimnya Carlos Sainz dan Lewis Hamilton.


2. Hasil Balapan

Charles Leclerc (Ferrari) memenangi F1 GP Bahrain 2022 (Massimo Pinca/Reuters)

Hasil ini menjadi kemenangan pertama Charles Leclerc sejak 2019 dan juga kemenangan perdana Ferrari sejak 2019.

Hasil 10 Besar F1 GP Bahrain

Charles Leclerc

Carlos Sainz

Lewis Hamilton

George Russell

Kevin Magnussen

Valtteri Bottas

Sebastian Ocon

Yuki Tsunoda

Fernando Alonso

Guanyu Zhou

Lewis HamiltonF1FerrariMax VerstappenFormula 1Scuderia FerrariF1 GP BahrainCharles LeclercBerita F1Carlos Sainz Jr.Formula 1 2022

Berita Terkini