x

Setelah MotoGP, Indonesia Segera Punya Sirkuit Formula 1 di Riau

Sabtu, 26 Maret 2022 17:57 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
Indonesia akan segera punya sirkuit Formula 1 di Riau di mana pembangunannya dilakukan setelah ajang MotoGP yang sukses dilangsungkan di Mandalika, NTB.

FOOTBALL265.COM - Indonesia akan segera punya sirkuit Formula 1 di Riau. Pembangunannya dilakukan setelah ajang MotoGP sukses dilangsungkan di Mandalika, NTB.

Pembangunan Sirkuit Internasional Bintan telah secara resmi dimulai dengan adanya peletakan batu pertama dan penandatanganan MoU pada Kamis (17/03/22).

Baca Juga

Setelah itu dilanjutkan dengan proses studi kelayakan calon lokasi. Adapun tim konsultasi arsitek berasal dari Inggris, yakni Populous.

Uji kelayakan calon lokasi diprediksi akan berlangsung selama enam bulan. Itu artinya akan rampung sekitar September 2022 mendatang.

Baca Juga

Jika lolos uji kelayakan calon lokasi, baru setelah itu proses pembangunan selanjutnya akan dilangsungkan. Rencananya keseluruhan pembangunan Sirkuit Internasional Bintan akan rampung dalam 1,5 hingga 2 tahun mendatang.

Sirkuit tersebut akan berada di Kawasan Wisata Bintan Resort yang dikelola PT Bintan Resort Cakrawala, anak perusahaan Gallant Venture Pte Ltd.

General Manager PT Bintan Resort Cakrawala Abdul Wahab menjelaskan, ada tiga lokasi calon Sirkuit Internasional Bintan. Semuanya telah diidentifikasi awal dan bisa dibangun sirkuit.

Baca Juga

Lokasi pertama di Lagoi bay di mana lokasi ini telah memiliki infrastruktur cukup lengkap. Bahkan, sudah banyak akomodasi perhotelan berdiri.

Selain itu, pihaknya telah mengalokasikan area 100-130 hektar di Lagoi Bay dan sudah diperkirakan tentang trek yang bisa dibangun. Lokasi kedua berada di Kepri Bay. Di sini terdapat area di atas bukit yang bisa melihat pemandangan pantai.


1. Kelebihan Setiap Calon Lokasi Sirkuit Bintan

Logo baru Formula 1.

Lokasi kedua nantinya di area depan akan dibangun resor-resor baru. Setiap resornya seluas 50-100 hektar. Di belakang area itulah yang diharapkan bisa menjadi sirkuit.

Baca Juga

Terakhir, lokasi ketiga di area berdekatan dengan Berakit atau bersebelahan dengan Trikora. Menurut Abdul Wahab, setiap lokasi yang diidentifikasi tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri. 

Namun tidak mengurangi trek yang akan dibangun dan keindahan panorama alamnya. Dilansir dari data Diskominfo Kepri, untuk lokasi 1 (Lagoi Bay) sirkuit Bintan memiliki dua keunggulan.

Baca Juga

Keunggulan pertama adalah berada di lokasi yang sudah mempunyai infrastruktur kawasan. Keunggulan kedua yakni dikelilingi oleh kawasan resor yang sudah terbangun.

Sementara itu, kekurangan dari lokasi satu adalah adanya batasan desain karena berada di lokasi yang sudah terbangun. Lokasi kedua punya dua kelebihan, antara lain desain terintegrasi dengan resorts development dan mempunyai daya tarik investasi yang tinggi, terdiri atas kanal, marina, dan pulau-pulau komersial.


2. Menanti Sirkuit Internasional Bintan

Logo baru Formula 1.

Keunggulan kedua berpotensi menjadi sirkuit terbaik dunia, karena banyak memiliki keunggulan dari segi desain di sirkuit dan area di sekitarnya.

Kekurangan lokasi dua adalah berada di lokasi yang belum memiliki infrastruktur kawasan. Bentang alam dan pesisir pantai yang indah akan membuat Bintan International Circuit mempunyai nilai jual yang tinggi dan menjadikan sirkuit Formula 1 ini menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

F1Formula 1Sirkuit

Berita Terkini