x

Ceroboh! Sebastian Vettel Didenda Puluhan Juta Rupiah Gara-gara Hal Konyol Jelang F1 GP Australia

Sabtu, 9 April 2022 03:53 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

FOOTBALL265.COM - Pembalap tim Aston Martin, Sebastian Vettel harus menelan denda puluhan juta rupiah setelah melakukan kecerobohan jelang tampil di F1 GP Australia.

Pada Jumat (08/04/22) kemarin, mobil yang digunakan Sebastian Vettel mendadak mogok saat melakoni sesi latihan Grand Prix Australia.

Baca Juga

Vettel melaju beberapa putaran sebelum mobilnya tiba-tiba berhenti dan mengeluarkan asap saat FP1. Keluar dari mobilnya, pebalap Jerman itu mengambil tabung APAR dari marshal dan menyemprot mobilnya untuk memadamkan api.

Setelah sesi latihan selesai, Vettel mengendarai motor skuter melewati lintasan untuk kembali ke garasi sembari menyapa penggemar.

Baca Juga

Aksi tersebut dinilai ceroboh lantaran melanggar regulasi dengan memasuki lintasan tanpa izin. Meski demikian, Sebastian Vettel bersikukuh merasa mendapatkan lampu hijau dari marshal yang menawarinya menggunakan skuter tersebut. 

"Saya mengatakan, 'bolehkan saya mengendarainya?' karena saya lebih memilih berkendara sendiri," ujar Vettel kepada awak media seperti dikutip Reuters.

"Dan kemudian dia menyerahkan skuternya kepada saya, lalu saya bilang, 'OK', dan dia bilang, 'berangkatlah.' Lalu saya pergi. Maksud saya saya ingin mobil saya kembali dan tidak mencari masalah. Saya di sini tidak untuk mengendarai skuter."

Baca Juga

Steward mengatakan Sebastian Vettel lebih memilih melaju sendiri di trek ketimbang rute evakuasi yang telah ditentukan sedangkan marshal berusaha mengontak race control untuk meminta instruksi.

Vettel, yang mencatatkan waktu terbaik ke-13 sebelum kemalangannya itu, tidak turun dalam sesi latihan kedua karena Aston Martin harus mengganti power unit baru pada mobil sang pembalap.


1. Sebastian Vettel Menanggung Denda

Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

Atas aksinya yang ceroboh, Sebastian Vettel didenda 5.000 euro (Rp78 juta) karena mengendarai motor skuter di Sirkuit Albert Park. Setelah ini Vettel akan melanjutkan perjuangannya di F1 GP Australia.

Baca Juga

"Besok tidak akan jadi masalah tapi akan jauh lebih baik bila saya menjalani lap lebih banyak," pungkasnya.

Sementara itu, sesi latihan bebas Grand Prix Australia didominasi oleh Ferrari. Pemuncak klasemen sementara Charles Leclerc mencetak lap terbaik satu menit 18,978 detik di FP2 setelah sebelumnya finis kedua di belakang rekan satu timnya Carlos Sainz di latihan pertama.

Baca Juga

Akan tetapi, Red bull menunjukkan ancamannya akhir pekan ini saat juara dunia bertahan Max Verstappen memisahkan duet Ferrari di sesi latihan kedua setelah finis 0,245 detik di belakang Leclerc.

Sang pembalap asal Belanda itu finis P4 di sesi latihan pagi. Meski demikian, Ferrari dibayangi kembali dengan masalah 'porpoising' saat mobil Leclerc dan Sainz memantul-mantul.


2. Insiden di Latihan Bebas F1 GP Australia

Sebastian Vettel, pembalap Aston Martin di F1.

Insiden itu terjadi ketika melaju di tikungan pendek dalam kecepatan tinggi menuju tikungan sembilan dan sepuluh di Sirkuit Albert Park yang telah menjalani aspal ulang dan sejumlah modifikasi tahun ini.

"Jumat yang sedikit sulit bagi saya hari ini. Kami masih harus berbenah, kami harus satu langkah ke depan," kata Charles Leclerc.

Baca Selengkapnya Situasi Lewis Hamilton Tak Jelas, Mercedes Didorong Rekrut Sebastian Vettel

F1Sebastian VettelFormula 1GP AustraliaF1 GP Australia

Berita Terkini