x

Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2022: Start Terdepan di Assen, Bagnaia Bisa Tebus Kesalahan di Jerman

Sabtu, 25 Juni 2022 20:08 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Isman Fadil
Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, saat menjajal sesi latihan bebas di Sirkuit Mandalika.

FOOTBALL265.COM – Berikut merupakan hasil kualifikasi MotoGP Belanda 2022 yang digelar di Sirkuit Assen pada Sabtu (25/06/22), Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia start terdepan.

Sesi kualifikasi MotoGP 2022 dimulai di sesi kualifikasi 1 yang berjalan cukup menarik dengan lima menit terakhir nyaris dikuasai oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo hingga dua menit belakangan.

Baca Juga

Pesaing terdekat Fabio Quartararo, Francesco Bagnaia pun menempel di posisi kedua, diikuti oleh pembalap Aprilia, Aleix Espargaro.

Namun demikian, hanya dua menit jelang sesi kualifikasi berakhir, pembalap Ducati, Francesco Bagnaia kemudian mengambil alih pimpinan sesi dengan catatan waktu 1 menit dan 32 detik.

Posisi tiga besar pun berubah dengan mencuatnya nama pembalap Ducati, Jack Miller mengambil alih posisi Aleix Espargaro di tiga besar.

Baca Juga

Namun demikian, di akhir sesi kualifikasi, Quartararo mampu mengambil alih pimpinan sesi dan membuat Bagnaia kembali ke posisi runner-up.

Memasuki sesi kualifikasi kedua, 12 pembalap yang lolos dari sesi pertama langsung memacu kendaraan mereka di sirkuit Assen, Belanda.

Pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin mampu tampil bagus di awal kualifikasi kedua dengan meraih waktu tercepat dengan diikuti oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, dan pembalap tim pabrikan Ducati, Jack Miller di posisi ketiga.

Baca Juga

Namun demikian, pada tikungan pertama Sirkuit Assen, Fabio Quartararo justru sempat gagal berbelok dan meluncur ke gravel.

Beruntung insiden kecil ini tak membuat juara dunia Motogp 2021 ini kehilangan posisi keduanya dengan didahului oleh pembalap lain.


1. Quartararo dan Jorge Martin Gantian Pimpin Sesi Kualifikasi Kedua

Pebalap Yamaha MotoGP Fabio Quartararo merayakan di podium dengan trofi setelah memenangkan balapan. Foto: REUTERS/Lisi Niesner

Hingga delapan menit jelang sesi kualifikasi usai, pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin masih memimpin dengan raihan 1 menit 31 detik.

Namun demikian, hanya dua menit jelang sesi kualifikasi kedua, Jorge Martin justru mulai tergeser dengan kembalinya Francesco Bagnaia untuk memasuki posisi tiga besar.

Baca Juga

Pembalap asal Italia ini mampu mengungguli catatan waktu sebelumnya yang dibuat oleh Jorge Martin yang kemudian tergeser ke posisi kedua.

Sementara, posisi ketiga masih diisi oleh pembalap Yamaha, Fabio Quartararo yang meski di sesi pertama mampu unggul, tetapi di sesi kedua cukup kesulitan untuk menunjukkan performa terbaik.

Jelang sesi kualifikasi usai, Fabio Quartararo terlihat mencoba meningkatkan catatan waktunya, dan mampu menggeser catatan waktu yang dibuat oleh pembalap Pramac Ducati, Jorge Martin.

Baca Juga

Dengan hasil ini, Jorge Martin masih mampu mengamankan posisi start ketiga di MotoGP Belanda 2022 yang akan digelar pada Minggu esok

Namun demikian, usaha Fabio Quartararo justru hanya berbuah posisi start kedua di MotoGP Belanda 2022.

Sementara, pembalap Italia, Francesco Bagnaia mampu tampil bagus dan mempertahankan posisi pertama yang diraih di sesi kualifikasi MotoGP Belanda 2022.


2. Hasil Kualifikasi MotoGP Belanda 2022

Francesco Bagnaia, pembalap MotoGP dari tim Ducati Lenovo (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Hasil ini adalah kali keempat bagi Francesco Bagnaia untuk meraih posisi start pertama, dan kali kedua dalam dua balapan terakhir, mulai dari balapan MotoGP Jerman 2022 di Sirkuit Sachsenring pekan lalu.

Selain itu, raihan pole position yang diraih oleh Francesco Bagnaia bisa menjadi sarana pembalap Ducati ini untuk membalaskan dendam, usai pada balapan MotoGP Jerman 2022 dia terjatuh dan gagal finis di Sirkuit Sachsenring.

Adapun balapan MotoGP 2022 di Sirkuit Assen, Belanda akan digelar pada hari Minggu (25/06/22) WIB.

MotoGPFabio QuartararoFrancesco BagnaiaBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini