x

Politisi Senior Partai Demokrat Max Sopacua Meninggal Dunia

Rabu, 17 November 2021 16:21 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya

FOOTBALL265.COM - Kabar duka menyelimuti keluarga besar Partai Demokrat. Pendiri sekaligus politisi seniornya, Max Sopacua menghembuskan nafas terakhirnya, Rabu (17/11/21) di RSPAD Gatot Soebroto.

Saat ini jenazah tengah berada di RSPAD Gatot Soebroto dan rencananya akan disemayamkan di kediaman Jalan Veteran, Gang Kepatihan No.6, Bogor Tengah.

"Innalillahi wainnailaihi roji'uun. Telah berpulang ke Rahmatullah Bung Max Sopacua, mantan penyiar TVRI, mantan waketum partai Demokrat, pada pagi ini Rabu tanggal 17 November 2021, pkl 05.53 WIB di RSPAD Gatot Soebroto. Mohon dimaafkan segala kesalahan Almarhum," tulis pesan berantai tersebut sebagaimana yang diterima tim redaksi AKURAT.CO, Jakarta, Rabu (17/11/2021).

Baca Juga

Kabar wafatnya Max dibenarkan oleh Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, partainya turut berduka atas wafatnya Max. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kami turut berduka. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan," ujar Herzaky.

Sebagai informasi, Max Sopacua mengawali karirnya sebagai penyiar berita sebelum dia terjun ke dunia politik.

Dilihat dari buku 'Profil dan Anggota DPR RI 2004-2009', Rabu (17/11/2021), Max lahir di Ambon, 2 Maret 1946. Dia menikah dengan Tuti Irwatie dan dikaruniai tiga orang anak.

Max pernah bekerja sebagai penyiar berita di TVRI sejak 1985 hingga 2002. Dia lebih berfokus sebagai penyiar di bidang olahraga, seperti Produser Olimpiade Soul 1988, Produser Piala Dunia USA 1994, dan Produser Puala Dunia Prancis 1998.

Lepas dari itu, Max Sopacua bergabung dengan Partai Demokrat. Pada 2004, dia menjadi anggota legislatif dari Partai Demokrat. Max Sopacua melanjutkan kiprahnya di legislatif pada periode 2009-2014. Namun, pada 2014, Max tak lagi terpilih sebagai anggota Dewan.

Baca Juga

Meski sudah tak menjadi anggota Dewan, Max mendapat posisi di partai sebagai anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat periode 2015-2020.

Max Sopacua sempat keluar dari Partai Demokrat dan bergabung dengan Partai Emas pimpinan Hasnaeni. Namun, pada 2021, Max Sopacua keluar dari Partai Emas. Setelah keluar, dia bergabung dan ikut mempersiapkan KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Sumatera Utara (Sumut).

Tak lama setelah itu, Max diberhentikan sebagai kader Demokrat setelah diketahui bergabung dengan kelompok yang berupaya melakukan kudeta terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) lewat gelaran Kongres Luar Biasa (KLB).

Sebelum kembali ke Demokrat dan bergabung dengan kelompok yang berupaya melakukan kudeta terhadap AHY, Max diketahui telah berpindah partai politik dengan menduduki jabatan Ketua Dewan Pembina Partai Era Masyarakat Sejahtera (Emas) selama beberapa waktu.

Baca Artikel Asli di AkuratCo

Berita Ragam

Berita Terkini