x

Terungkap! Tretan Muslim Pernah Larang Teman-temannya Pacaran dan Ingin Jihad ke Palestina

Senin, 20 September 2021 14:40 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

FOOTBALL265.COM – Berikut 5 fakta menarik tentang komedian Tretan Muslim, termasuk sempat ingin jihad ke Palestina dan melarang teman-temannya pacaran.

Aditya Muslim atau yang populer dengan nama Tretan Muslim, merupakan salah satu komedian Tanah Air yang kerap menuai kontroversi. Bersama Coki Pardede, Tretan Muslim kerap menuai kritikan karena mengakat tema agama sebagai bahan komedi.

Namun di balik itu, Tretan Muslim ternyata sosok yang memiliki sejumlah pengalaman panjang dalam kehidupan beragama. Bahkan, ia mengaku sempat menjadi radikal saat belum terjun ke dunia hiburan.

Baca Juga
Baca Juga

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi bintang tamu di kanal YouTube Daniel Mananta, belum lama ini. Ketika itu, Tretan Muslim bahkan sempat ingin berjuang di Palestina.

Seperti apa perjalanan spiritual Tretan Muslim? Berikut ulasannya, seperti dilansir AKURAT.CO.

1. Belajar Agama Sejak Kecil

Lahir di Madura yang identik dengan masyarakat religius, Tretan cukup dekat dengan pendidikan agama. Bahkan, ia sudah mendapat pendidikan agama secara formal sejak duduk di bangku SD.

"(Kalo pagi) sekolah SD, pulangnya (sekolah) madrasah. Jadi ilmu agamanya dapat dari madrasah," ujar Tretan di kanal YouTube Daniel Mananta.

Tidak hanya madrasah, rekan Coki Pardede itu juga menyebut saat malam ia ikut pengajian dan diajari cara berdakwah.

2. Dibenci Teman

Di SMA, Tretan mengaku mulai membaca buku-buku agama yang menurutnya tidak seharusnya dibaca untuk anak seusianya. Pasalnya, buku-buku tersebut terbilang cukup keras dalam soal agama.

Akibat membaca buku-buku itu, ia semakin bersemangat beragama. Ia bahkan kemudian melarang keras teman-temannya pacaran, yang membuat dirinya dibenci teman-teman sekolahnya.

"Kelas dua ke kelas tiga SMA, itu aku kampanye ke anak-anak sekolah tidak boleh pacaran. Pokoknya hadis-hadis tak sampein," ujar Tretan.

3. Menolak Kuliah dan Ingin Tinggalkan Urusan Dunia

Saking semangatnya beragama, Tretan Muslim sampai sempat tidak ingin kuliah dan meninggalkan segala urusan dunia. Bahkan, ia lebih memilih menjadi penjual bakso dibandingkan melanjutkan kuliah.

"Sampai di tahap aku ke orangtuaku, 'pak bu, saya tidak mau kuliah saya mau jadi tukang bakso, karena kehidupan dunia hanya sementara'," lanjut Tretan.

4. Ingin Jihad ke Palestina

Semangat beragama Tretan Muslim pun sempat membuat ia berkeinginan berangkat ke Palestina, untuk berjihad. Menurutnya, saat itu ia menilai jika persoalan negara timur tengah adalah persoalan agama yang korbannya umat Islam. Ia pun sangat ingin berangkat ke Palestina untuk ikut berjuang.

"Waktu itu saya kepikirannya adalah Palestina lagi diserang, Islam sedang dihancurkan, yang baru tahu sekarang ternyata itu konfliknya wilayah," ungkap sang komedian.

Baca Juga
Baca Juga

5. Sadar Saat Kuliah

Pandangan keras Tretan Muslim soal Islam mulai berkurang setelah ia kuliah di  kampus swasta di Surabaya, yang berada di bawah naungan salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia.

Di kampus itu ia mulai terbuka dengan pemikiran-pemikiran moderat, dan lebih banyak mempelajari Islam secara damai.

"Di kampus diajari agama Islam, nah di situ mungkin lumayan aku agak belajar lebih dalam tentang Islam. Di kampus ketemu teman-teman Islami yang lebih okelah, narasinya, referensinya, di situlah aku mulai terbuka," lanjut Tretan Muslim.

Baca berita asli di AkuratCo

PalestinaArtis IndonesiaArtisTretan MuslimBerita Ragam

Berita Terkini