x

Ada Varian Omicron, Ini Imbauan Luhut untuk Masyarakat Indonesia

Senin, 29 November 2021 19:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari

FOOTBALL265.COM - Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan, mengimbau masyarakat Indonesia agar tidak panik dengan kabar varian baru virus corona omicron.

Seperti diketahui, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi memasukan varian baru B.1.1.529 alias omicron sebagai variant of concern atau VOC (varian yang mengkhawatirkan).

Menanggapi hal ini, Luhut pun meminta masyarakat untuk tetap tenang.

"Saya ingin mengingatkan sekali lagi bahwa masyarakat tidak perlu panik dalam menyikapi varian omicron ini," demikian kata Luhut dalam jumpa persnya secara daring, Minggu (28/11/21).

Baca Juga
Baca Juga

Luhut menegaskan, pemerintah telah mengambil langkah pengetatan WNA. Pemerintah juga akan meningkatkan genome sekuensing.

Selain itu, Luhut menyebut jika peran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 bisa membantu pemerintah dalam menangkal masuknya varian omicron ke Tanah Air.

"Kalau kita semua kompak, bahu membahu, tidak perlu saling menyalahkan, karena apa yang kami putuskan ini juga, pemerintah telah mendapat masukan dari para ahli-ahli epidemiolog," pungkasnya.

Sebelumnya, pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta menerapkan sejumlah aturan terkait pencegahan masuknya virus Covid-19 varian omicron ke Indonesia.

Baca Juga
Baca Juga

Aturan tersebut mengacu pada Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 23 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Covid-19.

Ada 11 negara yang dibatasi masuk Indonesia lantaran ditemukan adanya transmisi varian omicron, yakni Afrika Selatan, Lesotho, Eswatini, Namibia, Botswana, Zimbabwe, Mozambique, Malawi, Zambia, Angola, dan Hongkong.

Pihak imigrasi bandara pun digandeng untuk memastikan kebenaran bahwa pelancong yang datang benar-benar tidak berasal dari 11 negara tersebut.

Baca berita asli di Akurat.co

Virus CoronaLuhut B. PandjaitanBerita Ragam

Berita Terkini