x

Jadi Ketua PBNU, Gus Yahya Ucapkan Terima Kasih ke Said Aqil Siradj

Jumat, 24 Desember 2021 20:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Ketua Umum PBNU 2021-2026, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya).

FOOTBALL265.COM - KH Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, adalah ketua PBNU terpilih untuk periode 2021-2026.

Ia memenangkan jumlah perolehan suara atas kandidat lainnya, KH Said Aqil Siradj. Setelah terpilih, Gus Yahya pun buka suara.

Gus Yahya lantas mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan acara Muktamar ke-34 ini. Ia juga berterima kasih kepada KH Said Aqil Siradj yang selama ini dianggap sebagai gurunya.

"Yang paling awal ingin saya haturkan rasa terima kasih saya adalah kepada guru saya yang mendidik saya, menggembleng saya, menguji saya, membukakan jalan untuk saya dan membesarkan saya, yaitu Prof Dr KH Said Aqil Siradj," ujarnya.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan berakhirnya agenda Muktamar ke-34 NU, Gus Yahya berharap agar NU lebih maju lagi untuk mengejar cita-cita yang mulia.

"Semoga dengan niat baik sungguh dilihat oleh Allah SWT sebagai layak dan patut untuk dilimpahi barokah dan pertolongan-Nya sehingga Nahdlatul Ulama dapat terus maju untuk mengejar cita-cita luhur masa depan yang mulia," ucapnya.

Diketahui Gus Yahya pernah menjabat sebagai Katib Aam PBNU masa khidmat 2015-2020. Ia lahir di Rembang, pada 16 Februari 1966.

Baca Juga
Baca Juga

Gus Yahya lahir di keluarga dengan tradisi santri yang kuat. Ayahnya bernama KH Muhammad Cholil Bisri yaitu tokoh NU sekaligus pendiri Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain itu, ia juga keponakan dari KH Mustofa Bisri atau Gus Mus yaitu tokoh besar NU sekaligus menjadi sastrawan. Adiknya bernama Yaqut Cholil Qaumas atau Gus Yaqut yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agama.

Gus Yahya dalam karier politiknya, pernah menjadi juru bicara Presiden Keempat RI, Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Selain itu, ia pun pernah menjadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2014-2019.

Baca berita asli di Akurat.co

Berita Ragam

Berita Terkini