x

Skateboard Senayan, Komunitas Skate Asal Ibu Kota Sejak 1994

Jumat, 25 November 2022 14:15 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Skateboard Senayan merupakan sebuah komunitas skate asal ibu kota DKI Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1994 silam.

FOOTBALL265.COM – Skateboard Senayan merupakan sebuah komunitas skate asal ibu kota DKI Jakarta yang sudah berdiri sejak tahun 1994 silam.

Hingga saat ini, skateboard masih menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup banyak digemari di tengah kaula muda.

Baca Juga

Mulanya, komunitas ini berdiri pada tahun 1993 dengan nama Jakarta Skateboarding Assosiation (JSA) yang diprakasai oleh Rully.

Namun sayangnya, komunitas Jakarta Skateboarding Assosiation sempat kandas di usia nya yang baru seumur jagung.

Baca Juga

“Lalu pada tahun 1994, kita mengganti nama komunitas ini menjadi Senayan Skateboarders hingga sekarang,” jelas Johan, salah satu founder Skateboard Senayan kepada INDOSPORT, Rabu (23/11/22).

Komunitas skateboard senayan saat ini sudah dihuni oleh sekitar 35 anggota sebagai tim inti.

Baca Juga

Johan menjelaskan bahwa siapa saja boleh bergabung menjadi keluarga skateboard senayan, asalkan memiliki rasa cinta terhadap olahraga papan luncur yang satu ini.

“Kalau dulu sih berawal dari enggak ngerti apa-apa, kalau sekarang sih bebas yah mau siapa aja boleh,” pungkas Johan.

Paguyuban skateboard yang satu ini memiliki jadwal latihan yang tentative, terlebih imbas dari pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu yang mengharuskan banyak skatepark ditutup.

Baca Juga

Menyoal lokasi latihannya pun komunitas skateboard senayan tak hanya memiliki satu venue saja.

Beberapa yang menjadi markas latihan dari komunitas ini yaitu di antaranya di BSD extreme park, Twilo Skate corner Kemang, Elbricks Skatepark, Senayan Pintu 3, serta di Bintaro Sektor 1.


1. Harapan Untuk Olahraga Skateboard di Indonesia

Senayan Skateboarders, Komunitas Skateboard yang Berdiri Sejak Tahun 1993. (Foto: NRN/Senayan Skateboard)

Sebagai komunitas skateboard terlawas di Jakarta, Senayan Skateboard tentu menyimpan harapan penuh untuk olahraga papan selancar ini.

Mewakili komunitas yang digawanginya, Johan berharap agar skateboarding di Indonesia semakin jauh lebih baik dan berkembang ke depannya.

Baca Juga

Lebih lanjut, kepada INDOSPORT Johan menilai bahwa sejatinya saat ini olahraga skateboard di Tanah Air sudah lebih membaik dibanding sewaktu dirinya baru terjun di olahraga asal California Selatan ini.

“Skateboarding khusunya di Indonesia sudah jauh lebih baik daripada dulu, di mana banyak skatepark di bangun, pertandingan yang rutin, dan sponsorship yang mulai jelas,” terang Johan.

Baca Juga

Sebagai contoh, Johan juga menjelaskan bahwa saat ini skateboard di Indonesia sudah dilirik dan bisa ikut dalam ajang Sea Games, Asian Games, dan PON.

Dalam hal ini Johan pun menceritakan bahwa sudah banyak beberapa anggota dari skateboard senayan yang sudah melaju ke kancah International.

Baca Juga

“Semoga Skateboard di Indonesia bisa dijadikan olahraga yang menjanjikan kedepannya, seperti olahraga yang lain nya,” tutup Johan.

Bagi sobat INDOSPORT yang tertarik bergabung menjadi bagian dari keluarga komunitas Skateboard Senayan, bisa mengunjungi laman Instagram resmi mereka di @senayanskate1.

Komunitas SehatSkateboard

Berita Terkini