Ditemani Si Tampan Bao Chunlai, Begini Kabar Paduka Li Yongbo

Selasa, 2 Agustus 2022 18:25 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jarang tersorot usai mundur dari jabatan sebagai Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), begini kabar Paduka Li Yongbo yang muncul dengan Bao Chunlai. Copyright: © Visual China Group via Getty Images/Visual China Group via Getty Images
Jarang tersorot usai mundur dari jabatan sebagai Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), begini kabar Paduka Li Yongbo yang muncul dengan Bao Chunlai.

FOOTBALL265.COM – Jarang tersorot usai mundur dari jabatan sebagai Direktur Asosiasi Bulutangkis China (CBA), begini kabar Paduka Li Yongbo yang muncul dengan Bao Chunlai.

Sekadar informasi, Li Yongbo adalah sosok sentral dalam dominasi China hingga periode 2017. Tangan dinginnya mampu mencetak pemain-pemain dengan skill menakjubkan di panggung dunia.

Total, Li Yongbo membawa China memenangkan 18 medali olimpiade emas, 10 Piala Sudirman, 9 Piala Uber, dan 5 Piala Thomas. Lebih dari 90 gelar telah dia cetak.

Sayangnya, pada 2017,  pelatih yang terkenal galak ini, terpaksa mengakhiri 24 tahun kariernya setelah membawa China meraup dua emas dan satu perunggu Olimpiade Rio 2016.

Dilansir dari Tengxun Sport, Li Yongbo secara terang-terangan mengaku bahwa alasannya mundur dari jabatan karena sudah merasa lelah dengan situasi yang ada.

Selain itu, Li Yongbo juga ingin memberikan kesempatan kepada para generasi muda untuk memimpin Asosiasi Bulutangkis China (CBA).

Usai mundur dari jabatannya, Li Yongbo diketahui telah ditarik ke dalam Komite Olimpiade China untuk melatih bakat-bakat muda dan sebagai konsultan persiapan Olimpiade Tokyo 2020.

Setelah lama tak ada kabarnya, lalu Li Yongbo sempat diberitakan menjadi pengusaha durian jenis Musang King di perkebunannya di Kelantan, Malaysia.

Namun Paduka Li Yongbo rupanya tak bisa jauh-jauh dari bulutangkis karena dia juga resmi membuka klub yang diberi nama Liaoning Li Yongbo International Badminton Club.

Pembukaan klub bulutangkis ini juga dimeriahkan sejumlah legenda China seperti Lin Dan, Bao Chunlai, dan Zhang Ning pada 12 Desember 2020 lalu.

Kini beberapa waktu setelah  klub itu berdiri, Li Yongbo diketahui membuat sebuah turnamen bulutangkis amatir yang turut dihadiri legenda  Bao Chunlai hingga Du Jing.