Catat Sejarah, Liu/Ou Bikin Fajar/Rian Nyaris Lengser dari Puncak Ranking BWF?

Minggu, 28 Mei 2023 12:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi berhasil mencatatkan sejarah baru karena bakal menyusul Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak ranking BWF. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi berhasil mencatatkan sejarah baru karena bakal menyusul Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di puncak ranking BWF.

FOOTBALL265.COM - Ganda putra China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil mencatatkan sejarah baru karena bakal menyusul Fajar Alfian/Rian Ardianto di puncak ranking BWF.

Meski tak berpartisipasi di ajang Malaysia Masters 2023 yang berlangsung pada 24-28 Mei pekan ini,  nyatanya Liu/Ou mampu mencatatkan sejarah.

Menurut informasi dari Badminton Eropa di Twitter, pasangan China itu bakal naik peringkat ke posisi kedua di ranking BWF.

Hal ini terjadi karena Aaron Chia/Soh Wooi Yik tidak mampu mempertahankan poinnya usai terdepak di perempat final ajang Super 500 tersebut.

Selain itu perubahan ranking ini bakal terjadi jika poin dari Malaysia Masters 2022 tahun lalu di hapus, sehingga posisi Liu Yuchen/Ou Xuanyi yang kini ada di peringkat ketiga naik satu strip ke posisi kedua.

Liu/Ou akan mengantongi 77.808 poin, selisih sedikit dari Aaron/Wooi Yik yang mengantongi 77.094 poin jika poin pada turnamen Malaysia Masters musim lalu dihapus.

Pencapaian ini pun menjadi sejarah dalam karier Liu/Ou, karena menjadi peringkat tertinggi dalam karier mereka.

Padahal Liu/Ou baru saja dipasangkan sebagai pemain ganda putra pada 2022, namun mereka berhasil menjadi juara di Indonesia Open, Australian Open hingga BWF World Tour Finals 2022.

Performa tajam Liu/Ou tentu bisa saja menjadi sinyal bahaya bagi ganda putra Indonesia, termasuk Fajar Alfian/Rian Ardianto.

Pasalnya, Liu Yuchen/Ou Xuan Yi akan menyusul Fajar/Rian di posisi teratas ranking BWF.