Daftar Negara Tersukses di Taipei Open, Indonesia di Urutan Berapa?

Selasa, 20 Juni 2023 21:36 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Isman Fadil
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo dikalahkakan tunggal putra Singapur, Loh Kean Yew pada babak 32 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Rabu (14/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tunggal putra Indonesia, Chico Aura Dwi Wardoyo dikalahkakan tunggal putra Singapur, Loh Kean Yew pada babak 32 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Rabu (14/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

FOOTBALL265.COM - Indonesia ternyata tercatat sebagai negara tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Taipei Open.

Ajang Taipei Open 2023 akan digelar pada pekan ini di Arena Tian-Mu, Universitas Taipei, Taiwan.

Tim bulu tangkis Indonesia mengirimkan 17 wakil untuk berlaga di turnamen berlevel Super 300 tersebut, yang didominasi oleh pemain-pemain pelapis.

Turnamen berhadiah total Rp3,1 miliar tersebut telah melangsungkan pertandingan hari pertama pada hari ini, Selasa (20/06/23).

Usut punya usut, Skuat Merah Putih ternyata memiliki sejarah manis di ajang Taipei Open dengan menyabet total 47 gelar sejak pertama kali digelar pada 1980 silam.

Torehan tersebut menjadikan Indonesia negara tersukses sepanjang sejarah penyelenggaraan Taipei Open.

Gelar-gelar Indonesia di Taipei Open pun berasal dari disiplin beragam. Tunggal putra menjadi penyumbang titel terbanyak dengan 15 gelar, disusul ganda putra dengan 12 gelar.

Sementara itu, ganda campuran menyumbang 9 gelar, disusul tunggal putri dan ganda putri, masing-masing dengan 6 dan 5 gelar.

Di peringkat kedua negara dengan gelar Taipei Open terbanyak, ada Korea Selatan dengan torehan 28 gelar, disusul Denmark dengan 22 gelar.

Tuan rumah Taiwan sendiri ada di posisi keempat dengan koleksi 19,5 gelar. Hal ini dikarenakan gelar ganda campuran di Taipei Open 2005 diraih oleh pasangan gado-gado Amerika Serikat-Taiwan, Tony Gunawan/Cheng Wen-hsing.

Sedangkan di peringkat kelima ada China, yang telah mengoleksi 16 gelar sejak ajang Taipei Open pertama kali digelar.