x

Deretan Pelatih Bulutangkis Indonesia yang di Luar Negeri, Ada yang Latih Juara Dunia!

Rabu, 27 Maret 2019 18:14 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
Mulyo Handoyo dan Hendrawan.

FOOTBALL265.COM - Lama tak terdengar, sejumlah mantan pebulutangkis Indonesia ini ternyata telah banting stir menjadi pelatih di negara lain bahkan ada yang sampai juara dunia. Siapa sajakah mereka?

Bukan sebuah rahasia umum, jika bulutangkis merupakan salah satu olahraga terfavorit di Indonesia bahkan beberapa atlet berhasil menorehkan sejumlah prestasi di level Internasional.

Sebut saja ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang baru saja meraih gelar juara All England 2019. Keduanya berhasil menaklukkan pasangan asal Malaysia, Aaron Chia/Son Wooi Yik di partai final pada 10 Maret 2019 lalu.

Baca Juga

Tak hanya semasa aktif, rupanya para pemain-pemain bulutangkis Indonesia juga memiliki cerita manis ketika menjabat sebagai pelatih.

Bahkan beberapa pelatih Tanah Air ini sukses mengharumkan nama Indonesia dengan menukangi beberapa atlet di luar negeri, berikut FOOTBALL265.COM coba merangkum deretan para pelatih bulutangkis Top Indonesia yang berkarier di luar negeri.

1. Hendrawan
Mantan pelatih tunggal putra Indonesia, Hendrawan yang pernah mendapat perak di tahun 2000 dari Olimpiade Sydney pernah melatih pebulutangkis asal Malaysia, Lee Chong Wei. Ia berjasa mengantarkan pebulutangkis dunia itu menjadi juara dunia.

Sebelum jadi pebulutangkis terbaik dunia, Lee Chong Wei pernah berada dalam masa sulit di mana dirinya sempat merosot drastis ke peringkat 151 dunia, hingga Hendra mampu membawanya sampai peringkat 5 besar dunia.


1. 2. Flandy Limpele

Flandy Limpele saat masih aktif bermain.

Berikutnya ada peraih medali perunggu Olimpiade Athena 2004, Flandy Limpele yang juga meniti karier sebagai pelatih bulutangkis untuk atlet luar negeri.

Atlet nomor ganda tersebut direkrut oleh pelatih kepala tim nasional bulutangkis India, Pullela Gopichand untuk menangani sektor ganda.

Flandy Limpele akan melanjutkan jejak dari seniornya, Mulyo Handoyo untuk melatih bintang-bintang papan atas India seperti Ashwini Ponnappa dan Sikki Reddy di tim nasional India.

3. Mulyo Handoyo
Mulyo pernah melatih salah satu pebulutangkis terbaik Indonesia, Taufik Hidayat. Ia lalu berangkat ke India, dan berhasil memberikan prestasi yang luar biasa bagi perkembangan bulutangkis di sana.

Salah satu anak didiknya yang berhasil adalah Srikanth Kidambi, yang perlahan menjadi pemain yang sulit ditaklukkan lawan.

Ia juga melatih sektor tunggal putri di India. Terbukti, atas campur tangannya India menjadi saingan yang patut diperhitungkan dalam dunia bulutangkis.


2. 4. Rexy Mainaky

Pelatih bulutangkis Thailand, Rexy Mainaky.

Rexy Mainaky pernah menjadi pelatih bulutangkis termahal di dunia. Awalnya ia menerima melatih tim bulutangkis asal Inggris. Lalu dilanjutkan dengan melatih Malaysia, di sana ia berhasil melahirkan pemain-pemain berbakat.

Nama-nama pebulutangkis Malaysia seperti Tan Boon Heong dan Koo Kien Keat adalah beberapa di antaranya, di mana mereka sukses meraih medali emas Asian Games 2006 di Doha. Ia juga sempat melatih tim bulutangkis Indonesia selama dua tahun. Kini ia melatih di Thailand.

Baca Juga

5. Paulus Firman
Mantan pelatih Pelatnas Cipayung asal Indonesia, Paulus Firman secara resmi bergabung ke Federasi Badminton Malaysia (BAM) untuk melatih sektor ganda putra pada 2018 lalu.

Ini adalah kali kedua Paulus Firman bekerja di Malaysia, sebelumya ia sempat bergabung dengan BAM selama 10 bulan sebelum mengajukan pengunduran diri pada bulan Oktober 2013 lalu. Kemudian ia memilih untuk melatih Timnas Filipina.

Kembali melatih Malaysia, Paulus Firman akan membantu pelatih kepala ganda putra Cheah Soon Kit untuk mengggantikan Rosman Razak yang dipromosikan menjadi pelatih kepala ganda putri tim nasional.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Rexy MainakyFlandy LimpeleHendrawanMulyo HandoyoTRIVIABulutangkis

Berita Terkini