x

Profil Leo Rolly Carnando: The Next Kevin Sanjaya yang Borong 2 Gelar di 1 Turnamen

Senin, 29 Juli 2019 16:27 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

FOOTBALL265.COM - Leo Rolly Carnando, salah satu aset Indonesia di masa depan yang baru saja menorehkan sebuah prestasi yang super mencengangkan di Kejuaraan Asia Junior 2019.

Bagaimana tidak, mendapat kepercayaan untuk menjadi wakil Indonesia di dua nomor pertandingan ganda putra dan campuran pada gelaran Badminton Asia Junior Championships 2019, pebulu tangkis kelahiran Klaten, 29 Juli 2001 itu tak menyia-nyiakannya.

Baca Juga

Ia langsung tampil menggebrak dan berhasil memborong dua gelar sekaligus dengan dua pasangan berbeda. Bertanding lebih dulu bersama Indah Sari Jamil di sektor ganda campuran, ia berhasil mengalahkan wakil China Feng Yan Zhe/Lin Fang Ling di pertandingan rubber game dengan skor akhir 16-21,22-20,22-20.

Tak puas hanya meraih satu gelar saja bersama Indah, Leo pun langsung tancap gas bersama Daniel Marthin di sektor ganda putra. Bersama Daniel, ia mengalahkan pasangan China, Di Zi Jian/Wang Chang juga dalam pertandingan rubber game dengan skor akhir 21-9,15-21,21-19.

Awal mula bermain

Leo mengakui bahwa dirinya sudah begitu mencintai dunia bulu tangkis sejak dirinya masih kecil. Bahkan, ketika umurnya masih 2 tahun, Leo sudah diperkenalkan dengan olahraga bulu tangkis dan selalu membawa raket setiap kali akan beranjak tidur.

Ia pun juga mengakui bahwa keputusannya untuk menjadi seorang pebulu tangkis terinspirasi dari kakaknya yang sudah sering bermain di Sirkuit Nasional yang merupakan Kejuaraan Bulutangkis Tingkat Nasional.

Perjalanan karier Leo bisa dibilang tidak berjalan mulus. Pebulu tangkis yang hari ini resmi berusia 18 tahun tersebut bahkan pernah  lima kali gagal lolos audisi PB Djarum di sektor tunggal putra.

Gagal lolos audisi di sektor tunggal putra, Leo pun mengendurkan egonya untuk bermain di sektor lain. Alhasil, ia pun berhasil lolos di sektor ganda campuran dan dipasangkan pertama kali dengan Indah Sari Jamil sebulan sebelum kejuaraan dimulai.

Seolah seperti sudah digariskan menjadi takdirnya, mereka pun menjelma menjadi salah satu pasangan ganda campuran yang diperhitungkan setelah berhasil menjadi juara Kejuaraan Dunia Junior Bulu Tangkis 2018.

Mereka mengalahkan rekan senegara yakni pasangan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti dalam pertandingan straight games dengan skor akhir 21-15, 21-9 untuk meraih podium tertinggi sekaligus membungkam semua keraguan banyak pihak.

Kini Leo/Indah sukses menjadi ganda campuran utama junior Indonesia yang memiliki banyak prestasi fantastis dan menjadi ganda campuran utama di pratama PBSI.

Gelar yang sudah diraih

Sejauh ini, Leo telah meraih banyak gelar di tingkat junior seperti tiga medali emas Badminton Asia Junior Championships yang diraihnya di tahun 2018 dan 2019.

Selain itu ia juga menjuarai turnamen India Junior Grand Prix tahun 2018, Bangladesh IC 2019, Turkey IC 2018, Malaysia Junior IC 2019, hingga menjadi runner-up di berbagai turnamen seperti Jakarta Open IC 2016, Indonesia Junior GP 2016 hingga Jerman Junior GP 2019.

Mulai 13-18 Agustus 2019 mendatang, Leo Rolly Carnando akan ikut turnamen BWF Tour pertamanya di luar Indonesia yakni turnamen Akita Masters Super 100 di Jepang.

Baca Juga

The Next Kevin Sanjaya

Berkat penampilan ciamik Leo di dua sektor pertandingan, ia pun digadang-gadang bakal menjadi the next Kevin Sanjaya Sukamuljo di masa depan.

Skill dan kecepatan yang dimiliki Leo yang disebut-sebut sangat mirip dengan pebulu tangkis ganda putra nomor 1 dunia tersebut.

Sehingga banyak yang yakin, jika Kevin Sanjaya telah berusia matang dan kemampuannya menurun, maka Indonesia tak perlu khawatir karena Leo Rolly Carnando diyakini bakal siap menggantikan posisi seniornya tersebut.

Kevin SanjayaKejuaraan Bulutangkis Junior AsiaBulutangkisBerita OlahragaBerita SportLeo Rolly CarnandoIndah Cahya Sari Jamil

Berita Terkini