x

Wah, Ternyata Bulu Tangkis Bisa Bantu Masalah Rabun Jauh

Selasa, 15 Oktober 2019 13:26 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Bulutangkis ternyata merupakan salah satu cabang olahraga yang bisa membantu mengatasi penyakit rabun jauh atau miopia. Berikut tersaji penjelasannya.

FOOTBALL265.COM - Bulu tangkis ternyata merupakan salah satu cabang olahraga yang bisa membantu mengatasi penyakit rabun jauh atau miopia. Berikut tersaji penjelasannya.

Miopia atau rabun jauh adalah sebuah kelainan refraktif mata berupa citra yang dihasilkan berada di depan retina ketika mata tidak dalam keadaan akomodasi. Penderita penyakit ini tidak dapat melihat jarak jauh dan dapat ditolong dengan menggunakan kacamata lensa cekung.

Akan tetapi, ternyata miopia bisa disembuhkan menggunakan cara yang lebih sehat, yaitu bulu tangkis. Melansir dari laman portal berita olahraga BWF News, hal ini sudah 'disahkan' oleh Badminton World Federation (BWF) dan National Badminton Federation of Russia (NBFR).

Baca Juga

BWF dan NBFR menginformasikan bahwa seseorang yang rutin mengikuti kegiatan bulu tangkis (dalam kompetisi atau acara apapun), akan memiliki organ visual yang lebih baik. Informasi yang mereka berikan tersebut berdasarkan hasil Badminton Against Myopia Project yang diselenggarakan saat Kejuaraan Dunia Junior di Kazan, Rusia beberapa waktu yang lalu.

Badminton Against Myopia Project adalah sebuah proyek yang dimulai pada 2013 dengan tujuan mengurangi penyakit rabun jauh atau miopia di kalangan pelajar sekolah. Kegiatan ini juga mendapat bantuan dari Helmholtz Moscow Research Institute of Eye Diseases.

Dari penelitian ekstensif yang telah dilakukan oleh mereka, olahraga bulu tangkis ternyata bukan hanya mampu mengurangi risiko terkena miopia, tapi juga mencegah pseudo-miopi atau miopi palsu yang disebabkan oleh ketegangan mata setelah melihat sesuatu dari jarak dekat dalam waktu yang lama.

Karena hal ini, mantan presiden Rusia, Sergey Shakhray, mendukung penuh bulu tangkis untuk dilakukan oleh semua kalangan, baik muda maupun tua, demi mencegah rabun jauh.

Baca Juga

"Bulu tangkis adalah cara ke-4 setelah perawatan medis, terapi laser, dan penanganan konservatif untuk menanggulangi hal tersebut. Semua orang harus menyisihkan waktu mereka untuk melakukannya, meskipun mereka masih dalam jenjang taman kanak-kanak atau sudah kuliah," ujarnya.

Dengan hal ini, bulu tangkis menjadi cabang olahraga yang bukan saja memberi kebugaran bagi tubuh para atlet, tapi juga bisa menjadi cara ampuh untuk menangani penyakit rabun jauh. Ditambah lagi, kegiatan ini bisa dilakukan oleh semua orang di setiap kesempatan.

RusiaBWFOlahragaBulutangkisBerita OlahragaBerita Sport

Berita Terkini