x

Alyssa Tirtosentono, Pemain Berdarah Indonesia Asli Produk Binaan Belanda

Sabtu, 25 April 2020 20:49 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Alyssa Tirtosentono adalah pebulutangkis asli asal Belanda yang memiliki darah Indonesia. Berikut kisahnya.

FOOTBALL265.COM - Alyssa Tirtosentono adalah pebulutangkis asli asal Belanda yang memiliki darah Indonesia. Berikut kisahnya.

Di dunia bulutangkis, mudah sekali menemukan pemain yang memilih untuk membela negara lain dibanding negara asalnya, dengan berbagai alasan.

Umumnya pemain-pemain tersebut berpindah, lantaran tak mendapatkan kesempatan yang cukup di negara aslinya, sehingga mencari kesempatan memperkuat negara lain. Baik diikuti dengan perpindahan status kewarganegaraan juga, maupun tidak.

Baca Juga
Baca Juga

Namun dari fakta banyaknya pemain melakukan hal itu, tidak demikian untuk pebulutangkis yang kini memperkuat Belanda, Alyssa Tirtosentono.

Dari namanya dan wajahnya, pasti akan banyak yang menerka Alyssa Tirtosentono adalah orang Indonesia, yang kemudian berpindah memperkuat Belanda, layaknya legenda tunggal putri Mia Audina.

Tidak sepenuhnya salah memang, tetapi kenyataannya Alyssa Tirtosentono adalah seorang pebulutangkis yang sejak awal merupakan warganegara Belanda dan tumbuh berkembang dalam binaan klub bulutangkis di Negeri Kincir Angin itu sejak awal. Bukan pemain junior yang gagal bersaing di Indonesia, lantas memperkuat Belanda.

Dalam satu kunjungannya ke Indonesia untuk mengikut BWF World Junior Championships (WJC) 2017, Alyssa mengaku dirinya mulai menekuni olahraga bulutangkis  sejak usia enam tahun atas bimbingan sang Kakek. Baru setelahnya dirinya semakin serius dan bergabung ke klub bulutangkis di Belanda, DKC Den Haag.

"Saya mulai bermain bulutangkis ketika saya berusia 6 tahun, dan kakek saya yang mengenalkan sekaligus mengajari saya bermain bulutangkis. Ayah dan adik saya juga bermain bulutangkis," ungkap Alyssa, dikutip dari Djarumbadminton.com.

Sang Kakek itulah juga yang mewarisi darah Indonesia ke Alyssa Tirtosentono. Meski seperti dirinya, sang Ayah dan Ibu juga terlahir di Belanda.

"Ayah Kakek saya berasal dari Indonesia, tapi ayah saya merupakan orang Suriname," kata Alyssa.

Baca Juga
Baca Juga

Karier Alyssa Tirtosentono

Alyssa Tirtosentono sendiri kini masih berusia 19 tahun. Dirinya kini bermain dalam sekor ganda putri, berpasangan dengan Debora Jille. Kendati dirinya juga sempat bermain di sektor ganda campuran.

Untuk segi prestasi, beberapa gelar juara sempat berhasil dibawa pulang Alyssa Tirtosentono ke Belanda. Seperti di tahun 2019 ketika menjuarai jang Future Series, Lithuania International dan Croatian International.

Dengan catatan 89 kemenangan sepanjang karier, Alyssa Tirtosentono kini berada pada rangking 81 BWF sektor ganda putri dan peringkat 214 BWF sektor ganda campuran.

BelandaRaketBulutangkisBerita Bulutangkis

Berita Terkini